PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI
Abstract views: 29DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v3i3.6261Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan likuiditas terhadap struktur
modal pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019 yang berjumlah 53 perusahaan dan
dengan menggunakan teknik purposive sampling hanya 9 perusahaan yang telah memenuhi persyaratan. Sumber data sekunder
penelitian ini berasal dari website Bursa Efek Indonesia, http://www,idx.co.id/. Teknik penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik,
analisis linier berganda dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur
modal, ukuran perusahaan berpengaruh posisif signifikan terhadap struktur modal dan likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap
struktur modal.