ANALISIS KEBIJAKAN PENJUALAN KREDIT DAN PENGELOLAAN PIUTANG UNTUK MEMINIMALKAN PIUTANG TIDAK TERTAGIH PADA PT. SUBUR AGRO PRATAMA
Abstract views: 40DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v3i4.6466Keywords:
Penjualan Kredit, Pengelolaan Piutang, piutang tidak tertagihAbstract
Tingginya tingkat penjualan kredit akan mempengaruhi besarnya resiko piutang
.Semakin banyak piutang yang tidak dapat ditagihkan akan berdampak pada cashflow perusaahaan yang
mengalami gangguan dan biaya operasional yang bertambah. Mengingat PT.Subur Agro Pratama adalah
perusahaan yang melakukan penjualan barang dagangan dengan cara kredit untuk mendapatkan laba yang lebih
besar serta memperbesar volume penjualan . Dijelaskan penelitian ini bermaksud untuk menganalisa langkah untuk
meminimalkan piutang tidak tertagih pada PT.Subur Agro Pratama. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah karyawan yang bertugas pada bagian Head off Finance, Staff
Accounting dan Account recevaible manager. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kredit perusahaan telah
menerapkan kebijakan 5C dengan baik dan menunjang langkah-langkah meminalkan piutang tidak tertagih pada
PT.Subur Agro Pratama. Hal ini dapat ditinjau dari adanya sumber daya manusia yang telibat dalam proses
pemberian kredit serta digunakan nya formulir dan dokumen serta alat yang mendukung dalam kegiatan pemberian
kredit penjualan.
Downloads
References
Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996
Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27
Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198
Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097
Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486
Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535
Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266