PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, SANKSI PERPAJAKAN, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT KECAMATAN KRIAN
Abstract views: 65DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i1.7134Keywords:
Kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, sanksi perpajakan, kesadaran wajib pajakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan
sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor Bersama
Samsat Kecamatan Krian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar pada Kantor Bersama
Samsat Kecamatan Krian. Pengambilan sampel sebanyak 60 responden dengan menggunakan
metode accidental sampling. Menggunakan model analisis regresi linear berganda dengan program
SPSS . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi
perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor
Bersama Samsat Surabaya Selatan. Berdasarkan hasil kesimpulan menunjukan bahwa wajib pajak
semakin menyadari membayar pajak merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik
kendaraan bermotor, kualitas pelayanan secara menyeluruh memberikan rasa nyaman dan puas
terhadap wajib pajak dan sanksi perpajakan dapat memberikan efek jera bagi wajib pajak yang tidak
melaksanakan kewajibannya untuk membayar pajak kendaraan bermotor.
Downloads
References
Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996
Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27
Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198
Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097
Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486
Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535
Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266
Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637