PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018 – 2020
Abstract views: 113DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i2.7333Keywords:
Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Manajemen labaAbstract
Penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk mengetahui pengaruh Perencanaan Pajak serta Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen laba, obyek kajian ini terfokuskan pada perusahaan minuman serta makanan yang ada di BEI tahun 2018 – 2020. Populasi dalam kajian ini adalah 30 perusahaan, sampel pada kajian ini diambil dengan memakai cara Purposive Sampling, sampel pada kajian ini berjumlah 10 perusahaan. Teknik analisa data memakai pengujian asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Dalam uji hipotesa pertama (H1) memakai uji statistik t diperoleh nilai sebesar thitung 0,579 < 2,052 ttabel dengan tingkat signifikan 0,567 > 0,05 oleh karena itu perencanaan pajak tidak memberi pengaruh signifikan pada manajemen laba. Untuk Hipotesa kedua (H2) diperoleh nilai thitung -7,513 < 2,052 ttabel dengan tingkat signifikansi senilai 0,000 < 0,05 yang menunjukkan BPT memberi pengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Pengujian hipotesis ketiga memiliki nilai F hitung dan F tabel 29,561 > 3,354 dengan signifikansi senilai 0,000 < 0,05 yang menjelaskan perencanaan pajak serta beban pajak tangguhan secara bersama berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.
Downloads
References
Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996
Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27
Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198
Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097
Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486
Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535
Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266
Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637