PENGARUH ORGANISASI KEMAHASISWAAN DAN PENGEMBANGAN MINAT BAKAT TERHADAP KEAKTIFAN MAHASISWA PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) DI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

 Abstract views: 100

Authors

  • Devi Caren Anjali Mujianto UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • Siti Samsiyah UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i3.8154

Keywords:

Organisasi Kemahasiswaan, Minat Bakat, Keaktifan

Abstract

PeneIitian ini diIatar beIakangi kurangnya keaktifan mahasiswa pada unit kegiatan mahasiswa. Organisasi
kemahasiswaan adalah bentuk kegiatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa atas dasar
prinsip kemahasiswaan. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh organisasi kemahasiswaan dan
pengembangan minat bakat terhadap keaktifan mahasiswa pada unit kegiatan mahasiswa di Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Populasi peneIitian ini menggunakan seluruh anggota unit kegiatan
mahasiswa yang aktif berjumlah 431 mahasiswa, dari jumlah anggota tersebut peniIiti menggunakan
rumus SIovin hingga yang terpiIih hanya 82 responden untuk dimasukan daIam sampeI menggunakan
metode Purposive SampIing. Ditemukan hasiI anaIisis dari Organisasi Kemahasiswaan dengan nilai thitung 
sebesar 6,914 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Pengembangan Minat Bakat dengan niIai thitung sebesar
4,182 dan niIai signifikan 0,00 < 0,05. Dapat disimpuIkan bahwa Organisasi Kemahasiswaan dan
Pengambangan Minat Bakat berpengaruh terhadap Keaktifan Mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996

Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27

Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198

Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097

Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486

Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535

Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266

Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637

Downloads

Published

2023-10-12