FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA DALAM PEMILIHAN KARIR MENJADI AKUNTAN
Abstract views: 18DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i3.8157Keywords:
Faktor-faktor, Persepsi, Pemilihan Karir, AkuntanAbstract
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai karakteristik yang
mempengaruhi mahasiswa dan sarjana akuntansi untuk berkarir di bidang tersebut. Mahasiswa dan
lulusan baru Program Studi Akuntansi Universitas PGRI Adibuana Surabaya mengikuti penelitian ini.
Sampel berjumlah 60 orang, dengan rincian 32 orang mahasiswa akhir tahun angkatan 2018 dan 28
orang lulusan akuntansi angkatan 2015-2017. Jenis penelitian ini adalah teknik kuantitatif, menggunakan
data primer dikumpulkan langsung dari peserta penelitian menggunakan kuesioner dan purposive
sampling sebagai alat pengukuran. Untuk upaya dalam studi khusus ini, uji asumsi klasik dan analisis
regresi linier berganda digunakan sebagai metodologi analisis data. Hasil riset ini mengungkapkan bahwa
nilai-nilai sosial, pengakuan profesionalisme, lingkungan kerja, dan penghargaan finansial semuanya
berperan dalam memutuskan apakah akan mengejar karir sebagai akuntan atau tidak. Di sisi lain, temuan
menunjukkan bahwa variabel gender berdampak terhadap pilihan karir untuk menjadi seorang akuntan,
tetapi efek ini tidak signifikan.
Downloads
References
Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996
Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27
Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198
Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097
Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486
Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535
Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266
Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637