Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Di Bidang Fashion
Abstract views: 156DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i3.8159Keywords:
E-commerce, Sistem Informasi Akuntansi, Keputusan BerwirausahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E-commerce dan Sistem Informasi Akuntansi berpengaruh
terhadap pengambilan keputusan berwirausaha di bidang fashion. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Total sampel pada penelitian ini sebanyak 30 mahasiswa.
Penelitia ini menggunakan data yang diambil dari kuisioner yang telah disebar kepada responden. Pada
penelitian ini yang berperan sebagai variabel bebas adalah E-commerce (X1) dan sistem informasi akuntansi
(SIA), sedangkan variabel terikatnya adalah Keputusan Berwirausaha (Y). Pengujian keabsahan data
dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik, uji
normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas,autokorelasi serta uji koefisien determinasi berganda.
Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan dua metode yaitu pengujian hipotesis secara parsial dan
pengujian hipotesis secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh
signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha di bidang fashion, penggunaan sistem informasi
akuntansi (SIA) berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha di bidang fashion serta
e-commerce dan sistem informasi akuntansi (SIA) berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan
berwirausaha di bidang fashion.
Downloads
References
Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996
Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27
Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198
Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097
Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486
Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535
Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266
Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637