PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), CURRENT RATIO (CR), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR HEALTHCARE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

 Abstract views: 63

Authors

  • Haris Mauludin UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • Nurdina UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i3.8161

Keywords:

Economic Value Added (EVA), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return Saham, healthcare

Abstract

Tujuan penelitian guna mengetahui nilai tambah ekonomis serta rasio keuangan sector healthcare yang
terdaftar di BEI. Rasio keuangan yang dimaksud di sini adalah Rasio Likuiditas yang ditujukan pada
current ratio (CR) dan Rasio Solvabilitas yang ditujukan pada Debt to Equity Ratio (DER). Populasi dan
sampel berjumlah 13 dari 23 perusahaan sektor healthcare periode 2018 – 2020 dengan banyak sample
berjumlah 39. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan dokumentasi yang diambil dari situss BEI dan Metode penelitian menggunakan analisis
regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan EVA memiliki nilai signifikansi 0,54 > 0,05 yang
artinya tidak adanya pengaruh terhadap return saham, CR memiliki nilai signifikansi 0,075 > 0,05 yang
berarti tidak adanya pengaruh terhadap return saham, dan DER secara parsial tidak berpengaruh
terhadap return saham dengan nilai signifikasi sebesar 0,971 > 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996

Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27

Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198

Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097

Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486

Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535

Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266

Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637

Downloads

Published

2023-10-12