PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PT. UNILEVER INDONESIA TBK

 Abstract views: 49

Authors

  • Usnul Apriliawati UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • Fauziyah UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i4.8554

Keywords:

Kinerja Keuangan,, ROA, ROE, CSR

Abstract

Studi ini memiliki tujuan mendeteksi dampak ROA dan ROE pada CSR, populasi laporan
keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk, sampel laporan keuangan per bulan sejak 2018-2020 diperoleh
36 sampel, mekanisme pengambilan sampel purposive sampling. Serta teknik pengumpulan informasi
menggunakan dokumentasi. Pengetesan bahan menggunakan uji asumsi klasik, analisis data regresi
linear berganda, hipotesis uji t dan uji F. Berdasarkan pengetesan secara simultan memunculkan
terjadinya dampak ROA pada CSR 0,000<0,05, ROE berdampak pada CSR 0,033<0,05. Adanya
pelaksanaan corporate social responbiity yang semakin baik dapat mengamalkan hal baik guna
keberlangsungan perseroan dalam waktu lama. Pengungkapan CSR juga bisa menunjukkan bahwa
suatu perseroan melaksanakan kewajiban dengan semestinya pada aturan yang ada dan penduduk
sekeliling serta lingkungan perseroan berada. Dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan CSR
perseroan dapat menghadiahkan keyakinan penduduk pada produk perseroan setelahnya nama baik
perseroan menjadi primadona dimata penduduk, serta bisa menumbuhkan kapasitas finansial yang
dapat ditunjukkan dari rasio ROA dan ROE.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996

Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27

Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198

Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097

Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486

Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535

Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266

Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637

Downloads

Published

2024-01-05