ANALISIS PENERAPAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM PADA UD. KEDUNGKENDO INDAH
Abstract views: 49DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i4.8572Keywords:
Laporan Keuangan, SAK EMKM, UMKMAbstract
UMKM merupakan bidang usaha yang di dirikan oleh individu atau satu orang tidak merupakan sebuah
cabang entitas maupun anak entitas atau perusahaan. UMKM dapat di bedakan menjadi tiga macam
diantaranya adalah usaha mikro, kecil, dan menengah, dari tiga macam tersebut terdapat ciri-ciri yang
berbeda dari masing-masing usahanya. Saat ini UMKM talah berkembang sangat pesat dalam
mempertahankan perekonomian di Indonesia. Secara luas UMKM di Indonesia belum mempraktikkan Standar
Akuntansi yang diberlakukan untuk UMKM. Penelitian ini bermaksud dapat menganalisis penerapan
pencatatan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah
(SAK EMKM) pada UD Kedungkendo Indah. UD Kedungkendo Indah yaitu UMKM dibidang pengrajinan
furniture. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer yaitu
dokumentasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dan CV UD.
Kedungkendo Indah. Hasil penelitian menunjukkan UD. Kedungkendo Indah belum menerapkan laporan
keuangan yang sesuai dengan SAK, perihal ini disebabkan pemilik entitas belum memahami terhadapi SAK
EMKM serta kekurangan SDM untuk mengelola laporan keuangan secara khusus.
Downloads
References
Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996
Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27
Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198
Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097
Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486
Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535
Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266
Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637