PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020

 Abstract views: 55

Authors

  • Dita Indri Febrianti UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • YuIi Kurnia Firdausia UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • Mutiara Rachma Andhini UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/jsbr.v4i4.8573

Keywords:

kepemiIikan institusionaI, kepemiIikan manajeriaI, dewan komisaris independen, komite audit, manajemen laba

Abstract

Penelitian ini dilakukan berguna untuk mengetahui penerapan pengaruh Good Corporate
Governance pada manajemen laba. Variabel bebas yang digunakan yatu kepemilikan institusional,
kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen dan komite audit, sedangkan variabel terikat adalah
manajemen laba. Memiliki populasi sebanyak 11 perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 20162020.

Sampel yang digunakan berjumlah 40 data dari 8 perusahaan selama 5 tahun yang diambil
dengan teknik purposive sampling. Analisis linier berganda sebagai teknik anlisis data dan SPSS versi 25
sebagai alat uji statistik dalam riset ini. Berdasarkan proses pengujian data, maka dapat ditarik
kesimpulan menghasilkan output penelitian secara parsial adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen dan komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996

Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27

Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198

Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097

Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486

Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535

Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266

Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637

Downloads

Published

2024-01-05