Pengaruh Motivasi, Insentif Dan Job Stress Terhadap Kinerja Mitra Driver Go-Jek Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

 Abstract views: 17

Authors

  • Intan Cahya Parawanita UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • Suharyanto UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/jsbr.v5i1.8807

Keywords:

Motivasi, Insentif, Job Stress, Kinerja

Abstract

Penelitiani ini bertujuani untuki mengetahui i pengaruh i motivasi, insentif dan job stress terhadap kinerja
pada mitra driver Go-Jek di Wilayahi Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian kuantitatif dan respondeni dalam penelitian iini adalahi driver Gojek yang di Wilayahi
Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 298 mitra driver
dengan pengambilan teknik accidental sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan
analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh koefisien variabel motivasi bernilai
positif sebesar 0,402 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat dinyatakan bahwa motivasi
berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. Variabel insentif memiliki nilai positif sebesar 0,267
dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat dinyatakan bahwa insentif berpengaruh positif
signifikan terhadap kinerja. Sedangkan variabel job stress memiliki nilai positif sebesar 0,270 dengan
signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat dinyatakan bahwa job stress berpengaruh positif signifikan
terhadap kinerja. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,712 dapat dinyatakan bahwa motivasi, insentif
dan job stress memiliki kontribusi sebesar 71,2% terhadap kinerja driver Gojek di Wilayah Kecamatan
Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan sebesar 28,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996

Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27

Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198

Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097

Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486

Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535

Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266

Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637

Downloads

Published

2024-03-29

Issue

Section

Articles