PENGARUH TINGKAT EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN REWARD TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DIVISI FRONTLINER PT. BANK MEGA SYARIAH SELURUH INDONESIA

 Abstract views: 33

Authors

  • Nur Afifa UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • I Made Bagus Dwiarta UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/jsbr.v5i2.9117

Keywords:

Emotional Quotient, telligence Quotient, Reward, Prestasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat Emotional Quotient,
Intelligence Quotient dan Reward terhadap Prestasi Kerja karyawan Divisi Frontliner PT. Bank Mega
Syariah Seluruh Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh karyawan divisi frontliner PT. Bank Mega Syariah seluruh Indonesia dengan
jumlah 152 karyawan. 70 responden di ambil dari populasi dengan teknik pengambilan sampel
nonprobability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan uji instrumen,
asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan bantuan software SPSS (Statistical Package
for Social Science). Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t disimpulkan bahwa variabel Emotional
Quotient, Intelligence Quotient dan Reward berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Prestasi
Kerja. Dengan hasil variabel Emotional Quotient memiliki nilai thitung sebesar 1,698 dengan nilai
signifikan sebesar 0,004 sehingga (0,004<0,05), variabel Intelligence Quotient memiliki nilai thitung 1,422
dengan nilai signifikan sebesar 0,005 sehingga (0,005<0,05) dan variabel Reward memiliki nilai thitung
2,557 dengan nilai signifikan sebesar 0,013 sehingga (0,013<0,05). Sedangkan pengujian secara simultan
uji-F disimpulkan bahwa Emotional Quotient, Intelligence Quotient dan Reward diperoleh nilai F-hitung
sebesar 181,068 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga (0,000<0,05). Sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa Emotional Quotient, Intelligence Quotient dan Reward berpengaruh terhadap Prestasi
Kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996

Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27

Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198

Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097

Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486

Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535

Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266

Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles