PENGARUH FAKTOR GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO

 Abstract views: 54

Authors

  • Afifatus Sholihah UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • Fauziyah UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/jsbr.v5i2.9145

Keywords:

transparansi, akuntabilitas, partisipasi, kapasitas aparatur, kinerja pengelolaan dana desa

Abstract

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji faktor good corporate governance melalui ukuran
transparansi, akuntabilitas, partisipasi, serta kapasitas aparatur. terhadap kinerja pengelolaan dana desa
di Kecamatan Gedangan Sidoarjo dari tanggapan aparatur desa. Aparatur desa yang berfungsi dalam
pengelolaan dana desa, ialah Kades, Sekdes, Kepala urusan TU dan umum, Kepala urusan Keuangan,
Kepala urusan Perencanaan, Kepala seksi Kesra, Kepala seksi Pemerintahan, serta Kepala seksi
Pelayanan. Tipe riset ini ialah riset kuantitatif,yakni riset yang di dapat dengan cara purposive sampling,
dimana harus sesuai dengan kriteria yang sudah diresmikan, diperoleh populasi 15 desa di Kecamatan
Gedangan Sidoarjo dengan jumlah sampel 120 apartur desa. Metode pengumpulan informasi yang
digunakan berbentuk penyebaran kuesioner. Metode analisis informasi yang digunakan ialah analisis
regresi linear berganda memakai aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menampilkan kalau transparansi
mempengaruhi kinerja pengelolaan dana desa, akuntabilitas mempengaruhi kinerja pengelolaan dana
desa, partisipasi mempengaruhi kinerja pengelolaan. dana desa, kapasitas aparatur mempengaruhi
kinerja pengelolaan dana desa, serta transparansi, akuntabilitas, partisipasi serta kapasitas aparatur
secara simultan memengaruhi kinerja pengelolaan dana desa di Kecamatan Gedangan Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996

Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27

Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198

Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097

Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486

Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535

Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266

Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles