Analisis Faktor Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Adonara Timur, Provinsi
Abstract views: 154DOI:
https://doi.org/10.36456/jstat.vol11.no2.a2174Abstract
Education is very important in achieving the ideals of the nation to improve the quality of human resources as well. Curriculum change in 2013 is one of the government's efforts in improving the quality of education in Indonesia. To improve students' learning achievement, internal and external factors are needed to encourage students to keep their spirit in learning. In this study, the researcher took a case about factor analysis in improving the achievement of the students of class X IPS of SMA Negeri 1 Adonara Timur. Achievement of study in SMA Negeri 1 Adonara East class X particularly good, although there are achievement of learning in class X IPS is often low. This study aims to determine what factors are formed in improving student achievement class X IPS in SMA Negeri 1 Adonara Timur. The data used in this study is the primary data obtained through the distribution of questionnaires, with a sample of 47 students. The analysis method used in this research is factor analysis. Factor analysis is one of the statistical techniques that can be used to provide a relatively simple description through the reduction of the number of variables called factors. Since the purpose of factor.
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai cita-cita bangsa sehingga meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Perubahan Kurikulum pada tahun 2013 merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang diketahui berdasarkan prestasi belajar siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, diperlukan faktor intern dan faktor ekstern yang mendorong siswa untuk tetap semangat dalam belajar. Prestasi belajar di SMA Negeri 1 Adonara Timur khususnya kelas X tergolong baik, Namun, prestasi belajar pada kelas X IPS seringkali rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang terbentuk dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Adonara Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner, dengan sampel sebanyak 47 siswa. Metode analisis yag digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Tujuan dari analisis faktor pada penelitian ini adalah untuk mereduksi data maka metode analisis faktor yang digunakan adalah Principal Component Analysis (PCA). Hasil dari penelitian ini diperoleh 5 faktor yang diduga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Adonara Timur. Faktor-faktor tersebut adalah Lingkungan Sekolah, Peranan Orang Tua, Peranan Guru, Disilpin Belajar, dan Motivasi Belajar.