ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM KRIAN
Abstract views: 577DOI:
https://doi.org/10.36456/jstat.vol6.no1.a301Abstract
Kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun,hal ini tidak akan berdampak banyak apabila tidak ada campur tangan dari beberapa
puhak, baik guru maupun lingkungan. Untuk meningkatkan prestasi belajar tentunya akan
beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya: disiplin belajar, peranan guru, motivasi
belajar, fasilitas belajar utama, dan fasilitas belajar pendukung. Salah satu metode untuk
mengidentifikasi faktor-faktor tersebut adalah analisis faktor. Rumusan dalam penelitian
ini adalah “Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas X
SMA Al-Islam Krian?”. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas X SMA Al-Islam Krian. Data diperoleh dari
metode kuesioner, dengan sampel 72 orang, hasil analisis data didapatkan bahwa semua
butir kuesioner adalah valid (rrasio > r tabel), kuesioner adalah reliable (nilai Cronbach
Alpha dari tiap butir kuesioner lebih besar dari 0,60). Hasil uji KMO and Bartlett’s Test
sebesar 0,687 yang berarti analisis dapat dilanjutkan. Variabel dirotasikan dengan loading
faktor 0,54 sehingga membentuk 26 variabel yang layak. Dari 26 variabel membentuk 5
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu: disiplin belajar, peranan guru, motivasi
belajar, fasilitas belajar utama, dan fasilitas belajar pendukung. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas X
SMA Al-Islam Krian yaitu disiplin belajar, peranan guru, motivasi belajar, fasilitas
belajar utama, dan fasilitas belajar pendukung
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Anom. 2014. Profesi Kependidikan. http://anomsblg.wordpress.com/profesikependidikan/
peran-guru-dalam-pembelajaran/2014. Tanggal Unduh 1
Agustus 2014.
Baroroh, Ali. 2013. Analisis Multivariat dan Time Series dengan SPSS 21.
Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ladri, Juni. Pengaruh Motivasi Minat Belajar dan Penyediaan Fasilitas Belajar
di Rumah Terhadap Hasil Belajar. http://juniladri.wordpress.com
/2013/01/11/pengaruh-motivasi-minat-belajar-dan-penyediaan-fasilitasbelajar-
di-rumah-terhadap-hasil-belajar-ekonomi/. Tanggal Unduh 1
Agustus 2014.
Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Multivariat. Jakarta: PT.
Elex Media Komputindo.
Siregar, Sofyan. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sofyan. 2012. Laptop Fasilitas Belajar Siswa. http://kmssofyanegoblog.
wordpress.com/2012/11/01/laptop-fasilitas-belajar-utama-siswa-sma/.
Tanggal Unduh 1 Agustus 2014.
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Usman, Hardius dan Sobari, Nurdin. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk
Riset Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Vhasande. 2014. Disiplin Dalam Belajar. http://vhasande.blogspot.com
/2014/05/disiplin-dalam-belajar.html. Tanggal Unduh 1 Agustus 2014.