ANALISIS KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN DI MAN TAMBAK BERAS JOMBANG
Abstract views: 187DOI:
https://doi.org/10.36456/jstat.vol8.no1.a315Abstract
Setiap sekolah mempunyai cara yang tersendiri untuk memberikan layanan kepada siswa untuk mengembangkan sekolah tersebut menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel layanan apa sajakah yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. Prosedur dalam penelitian ini yaitu, pertama membagi kuisioner kepada 117 siswa untuk 39 kelas X dan XI. Dari data hasil kuisioner tersebut kemudian dilakukan analisis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi. Dari hasil analisis regresi didapatkan untuk uji F, variabel reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), dan tangible (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan siswa terhadap layanan sekolah. Pada model regresi variabel tangible paling berpengaruh terhadap kepuasan siswa terhadap layan sekolah, oleh sebab itu variabel tangible (X5) adalah variabel yang lebih ditingkatkan dibandingkan variabel X1, X2, X3 dan X5.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013.Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta
Azwar, S. 2002. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Draper, N.R. dan Smith, H., (1992), Analisis Regresi Terjemahan Edisi Kedua, Gramedia, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Gujarati, D. 2009. Ekonometrika Dasar. Erlangga: Jakarta
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan. Implementasi dan Kontrol, Jilid I, PT Prehalindo: Jakarta
Malhotra, Naresh, K. 2002. Marketing Research. Prantice Hall International Edirions: New Jersey
Moenir. 1998. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta
Pasuraman, A. Zeithalms, V. Berry, L. 1998. SERVQUAL: Multiple Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64 No. 1 pp 29-40
Prianto, Agus. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. STKIP PGRI Jombang: 2011
Retno, Dewi. 2010. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien. Universitas Diponegoro: Semarang
Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta: Jakarta
Usman, Husaini.2006. Pengantar Statistika. Bumi Aksara: Yogyakarta
Walpole, E. Ronald. 1995. Pengantar Statistika, Edisi ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
http://taufikhasbi.blogspot.com/2011/05/contoh-kuesioner-penelitiansurvei.html diakses tanggal 15 April 2015
http://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-regresi-multipes-denganspss.html diakses pada tanggal 20 April 2015