Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya Dengan Metode Customer Satisfaction Indeks dan Importance Performance Analysis

 Abstract views: 55

Authors

  • Putri Nur Farida Airlangga University
  • Ardi Kurniawan Airlangga University
  • Sediono Airlangga University
  • Dita Amelia Airlangga University

DOI:

https://doi.org/10.36456/jstat.vol16.no1.a6966

Keywords:

BPJS Kesehatan, Customer Satisfaction Indeks, Importance Performance Analysis

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai cita-cita bangsa Indonesia. Diperlukan pembentukan badan penyelenggara yang berbentuk badan hukum pelayanan publik salah satunya BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk memberikan jaminan berupa perlindungan kesehatan kepada masyarakat, serta diharapkan dapat memberikan pelayanan kualitas yang bermutu baik, karena kepuasan merupakan aspek yang paling penting bagi instansi pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap Kantor BPJS Kesehatan dengan data yang digunakan sejumlah 100 responden. Metode yang digunakan yaitu Customer Satisfaction Indeks yang merupakan indeks untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh menggunakan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut atribut produk dan jasa yang diukur dan Importance Performance Analysis yang merupakan merupakan salah satu teknik penerapan yang mudah untuk mengatur atribut dari tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan itu sendiri. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode CSI sebesar 82,038 % yang berarti masyarakat merasa sangat puas terhadap pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, pada metode IPA menunjukkan pada kuadran I,II,III,IV masing masing terdapat 11, 1, 9, dan 1 variabel, dan variabel yang pelu ditingkatkan adalah kuadran II, yaitu kecepatan dalam menangani keluhan secara online melalui saluran telepon dan email.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. Krisdayanti, "Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan Di Kota Medan," 2021.

D. P. Dian Anggraini, "Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index," Jurnal Industri, vol. 4, no. 2, pp. 74-81.

D. M. Mandasari, "Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan Mangsi Grill and Coff Denpasar," Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, vol. 7, no. 3, pp. 336-346, 2019.

D. Ruhimat, "Kepuasan Pelanggan," Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2015.

A. Deharja, F. Putri, dan L. Oktaviotika, "Analisis Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Dengan Metode Servqual, CSI dan IPA di Klinik Dr. M. Suherman," Jurnal Kesehatan, vol. 5, no. 2, pp. 106-115, April 2017.

"Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan," Yogyakarta: U. G. Mada, 1997.

Sugiyono, "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D," Bandung: Alfabeta, 2019.

L. Amanda, F. Yanuar, dan D. Devianto, "Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang," Jurnal Matematika UNAND, vol. VIII, pp. 179-188, 2019.

"Badan Pusat Statistik Jawa Timur," [Tanggal diakses], from https://jatim.bps.go.id/subject/28/pendidikan.html

"Data Sensus BPS Kota Surabaya," [Tanggal diakses], from: https://surabayakota.bps.go.id/subject/6/tenaga-kerja.html

Y. Siyamto, "Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) Terhadap Kepuasan Nasabah," Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 03, no. 01, 2017.

C. Martinez, "Evaluation Report: Tools Cluster Networking Meeting #1," Arizona: CenterPoint Institute, Inc., 2003.

G. Anuraga, A. Indrasetianingsih, and M. Athoillah, “Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar dengan Software R,” BUDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, 2021.

Downloads

Published

07/31/2023

How to Cite

Farida, P. N. ., Kurniawan, A. ., Sediono, & Amelia, D. . (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya Dengan Metode Customer Satisfaction Indeks dan Importance Performance Analysis. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 16(1), 462–473. https://doi.org/10.36456/jstat.vol16.no1.a6966