PENGENALAN LAMBANG DAN RUMUSAN PANCASILA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU GARUDA PANCASILA PADA ANAK TAMAN KANAK KANAK KELOMPOK A
Abstract views: 877DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1676Abstract
Kegiatan pembiasaan merupakan salah satu program yang dikembangkan di Pendidikan Anak Usia Dini. Program pembiasaan yang dilakukan di PG-PAUD diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup, salah satunya mencintai persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, (Depdiknas (2007:4) Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak Kanak). Menanamkan nilai-nilai untuk mencintai persatuan dan kesatuan bangsa masih jarang atau kurang dilakukan oleh guru-guru PAUD. Pada umumnya guru PAUD dalam mengenalkan sesuatu melalui nyanyian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis true-eksperimental, tentang Peningkatan karakter berbangsa dan bernegara bagi anak usia dini. Adapun karakter berbangsa untuk anak usia dini indikatornya adalah anak dapat menyanyikan Lagu Garuda Pancasila , dan bisa menyebut serta menunjukkan rumusan lambang dalam Pancasila. Rancangan penelitiannya dengan pola: post test only control design (Sugiyono. 2017:112). Sedangkan metode pengumpul datanya penulis menggunakan Observasi dan Tes unjuk kerja. Untuk menganalisa data penulis menggunakan analisa statistika dengan rumus t-tes. Hasil penelitiannya ada pengaruh yang signifikan yakni anak-anak dapat menyanyikan dan menunjukkan lambang serta menyebut rumusan sila-sila dalam gambar Burung Garuda Pancasila, sebagai penanaman nilai-nilai terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.
Downloads
References
Depdiknas (2007), Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak Kanak) Jakarta, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan SD.
George S. Morrison, (2012). Dasar - Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta, PT. Indeks.
Hasan, Maimunah. (2013). PendidikanAnak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).
Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK., Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Otib Satibi Hidayat. (2006). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama, Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung, Penerbit Alfabeta.
Sujiono.(2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta Barat : PT Indeks.