PENGARUH IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF SMAN 10 SURABAYA

 Abstract views: 2993

Authors

  • Ana Rafikayati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Lutfi Isni Badiah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Boy Soedarmadji Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1680

Abstract

Pada umumnya, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) yang memiliki karaktersistik homogen (satu jenis kekususan) misalnya SLBA untuk anak tunanetra, SLB-B untuk anak tunarungu, dll. Dengan mulai dikembangkan pendidikan inklusif, kini ABK dapat belajar bersama-sama dengan anak reguler di sekolah umum. ABK yang dulunya bersekolah di lingkungan homogen kini harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang heterogen ini. Banyak ABK yang mengalami kesulitan ini sehingga mereka sulit bersosialisasi dengan lingkun

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ana Rafikayati, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Baughan, C.C. (2012). An examination of predictive factors related to school adjustment for children with disabilities transitioning into formal school setting. (Disertasi). Clemson University, South Carolina.

Direktorat PPK-LK Kemendikbud. (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009). Jakarta: Kemendikbud.

Nurfuad. (2013). Meningkatkan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Juwana Tahun 2012/2013. Skripsi. BK FIP UNNES.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan dan Konseling “Dalam Berbagai Latar dan Kehidupan”. Bandung: Rineka Cipta.

Prayitno. (2001). Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riyanto, M.A. (2014). Implementasi layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap siswa tunanetra MTs

Yaketunis (Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam) Yogyakarta. Skripsi. BK FDK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Santrock, John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 2003.

Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohir, Dani. (2015). Program bimbingan pribadi sosial untuk peningkatan kepercayaan diri siswa. Universitas Pendidikan Indonesia (repository.upi.edu).

Wijaya dan Kusbandiami. (2011). Hubungan antara layanan bimbingan sosial dengan penyesuaian diri siswa kelas X Akuntansi SMK Pemuda Krian. Jurnal Helper BK FKIP UNIPA Surabaya Vol. 22 No.2 September 2011.

Yusuf, Syamsu. (2006). Program Bimbingan dan Konselingsi di Sekolah (SLTP dan SLTA). Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Published

26-10-2018

How to Cite

Rafikayati, A., Badiah, L. I., & Soedarmadji, B. (2018). PENGARUH IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF SMAN 10 SURABAYA. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(26), 151–157. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1680