PELAKSANAAN COOPERATIVE LEARNING MODEL PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ABK BAGI MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PRODI PENDIDIKAN KHUSUS FKIP UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA

DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol15.no27.a1791
Abstract
Universitas PGRI Adibuana Surabaya (Unipa Surabaya) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjalankan amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 pasal 10 ayat a tentang hak penyandang disabilitas untuk mendapat pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Konsekuensinya, Unipa Surabaya berusaha memberikan pelayanan baik akademik dan non akademik kepada mahasiswa berkebutuhan khusus, termasuk di Prodi Pendidikan Khusus terdapat 2 mahasiswa dengan gangguan penglihatan dan 1 mahasiswa dengan gangguan fisik (handfoot). Pemberian layanan tersebut, dicerminkan dalam pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran ABK dengan menerapkan cooperative learning model. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulaitatif deskripstif, dimana peneliti berusaha mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan cooperative learning model dalam pembelajaran mata kuliah media pembelajaran ABK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan cooperative learning modeldapat berjalan dengan baik, terbukti mahasiswa berkebutuhan khusus terlibat secara aktif dalam pembelajaran, selain itu teman sebaya juga turut membantu mereka selama pembelajaran berlangsung.
Downloads
References
Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdyansyah dan Fahyuni, Eni Fariyarul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Permen Ristekdikti No 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Layanan Khsusus.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengem Profesionalisme Guru (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).
Sanjaya, Wina. 2008 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Sukmadinata, N.S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif.Jakarta:Prenada Media UNNES PRESS.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.