PERAN GURU PPKN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA SEBAGAI RESPON DAN TANTANGAN ABAD KE-21

 Abstract views: 1579

Authors

  • HARRY SUGARA Universitas Kahuripan Kediri
  • FITRI MUTMAINNAH Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2266

Abstract

Tantangan bagi guru PPKn di era informasi seperti sekarang menjadi lebih berat karena perubahan – perubahan yang sangat cepat dan terjadi dalam skala global. Perubahan – perubahan tersebut terjadi pada sektor teknologi hingga ekonomi. Hal yang pasti dari perubahan – perubahan tersebut adalah pengaruhnya pada setiap aspek kehidupan khususnya peran guru PPKn dalam membangun karakter bangsa sebagai respon dari perubahan-perubahan yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap, menggambarkan, serta mendeskripsikan peran guru PPKn dalam membangun karakter bangsa sebagai respon dan tantangan abad ke-21 di SMP Muhammadiyah 1 Pare. Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru PPKn di lingkungan sekolah semakin kompleks dan memberikan pengaruh yang besar dalam membangun karakter bangsa. Guru PPKn saat ini berperan tidak hanya sebagai pemyampai materi yang inovatif dan kreatif tetapi juga sebagai teladan yang bisa memanfaatkan perubahan-perubahan yang terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

HARRY SUGARA, Universitas Kahuripan Kediri

Dosen

References

Chowdhury, M. 2016. Emphasizing morals, values, ethics, and character education in science education and science teaching. The Malaysian Online Journal of Educational Science, 4 (2), 1-16.

Cogan, J.J. 1998. Citizenship education for the 21st century: setting the context. Dalam J.J Cogan & R. Derricot (Penyunting), Citizenship for the 21st century: an international perspective on education (hlm. 1-20). London: Kogan Page Limited.

Fullan, M., & Scott, G. 2014. New pedagogies for deep learning whitepaper: Education PLUS. Seattle: Collaborative Impact SPC.

Irawatie, A. Iswahyuni. & Setyawati, M.A. 2019. Education learning development of character education-based state defense. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6 (2), 27-42.

Komalasari, K. & Saripudin, D. 2018. The influence of living values education-based civic education textbook on student’s character formation. International Journal of Instruction, 11 (1), 395-410.

Lisye, S.R. 2019. KPAI: angka kekerasan pada anak Januari-April 2019 masih tinggi. detikNews: https://news.detik.com/berita/d-4532984/kpai-angka-kekerasan-pada-anak-januari-april-2019-masih-tinggi

Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, B. 2017. Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics, 14 (2), 218-225.

Muttaqin, M.F., Raharjo, T.J, & Masturi. 2018. The implementation main values of character education reinforcement in elementary school. Journal of Primary Education, 7 (1), 130-112.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Pipit, W. 2016. Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics, 13 (2), 188-198.

Reynolds, R., Notari, M., & Tavares, N.J. 2017. Twenty-first century skills and global education roadmaps. ResearchGate.

Singh, B. 2019. Character education in the 21st century. IJSS, 15 (1), 1-8.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafese, G.S. 2018. Asessment of challenges to civics and ethical education in Ethiopian secondary schools. Journal of Education and Practice, 9 (4), 16-20.

Tasso, C., Robertson, R.W., Allen, P., & Withey, P. 2017. A global learning-centered approach to higher education: workplace development in the 21st century. Tecnologia Ciencia Education, 6, 31-48.

Umami, I., Gani, A., & Waskito, T. 2019. Proposal of character moral education for gifted young scientist in Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young, 7 (2), 377-387.

Wiwin, P.A. 2017. Peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengembangangan karakter disiplin peserta didik melalui pendekatan keteladanan di SMP N2 tegal. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 534-545.

Woodley, D. 2015. Globalization and capitalist geopolitics: sovereignty and state powes in a multipolar world. New York: Routledge.

Downloads

Published

29-02-2020

How to Cite

SUGARA, H., & MUTMAINNAH, F. (2020). PERAN GURU PPKN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA SEBAGAI RESPON DAN TANTANGAN ABAD KE-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 16–30. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2266