TEKNIK LATIHAN SKIPPING UNTUK MENINGKATKAN LONCATAN SMASH DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS
Abstract views: 588DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2268Abstract
Salah satu materi dalam mata pelajaran Penjaskes, yaitu bulu tangkis. Bulu tangkis merupakan olah raga dengan menggunakan raket dan kok, serta net dan dimainkan 2 orang/4 orang yang di antaranya saling berlawanan. Penelitian ini mengambil materi bulu tangkis tersebut yang memang masih banyak kendala, terutama pada kelas IX di UPTD SMPN 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Kendala terdapat pada lompatan smash yang rata-rata siswa mempunyai lompatan kurang tinggi. Teknik untuk mengatasi kendala tersebut menggunakan skipping yang akan diberikaan kepada siswa sebanyak 3 tahap (prasiklus, siklus 1, dan siklus 2). Berdasarkan hal tersebut, artikel ini merupakan pemadatan dari penelitian berjenis PTK. Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart. Penelitiaan ini bertujuan menjelaskan teknik latihan skipping untuk meningkatkan loncatan smash dalam permainan bulu tangkis. Berdasarkan hipotesis data penelitian terlihat bahwa pada tahap prasiklus terdapat 39% (7) siswa putra yang tuntas dan 40% (8) siswa putri yang tuntas. Kemudian pada tahap selanjutnya siklus I terdapat 50% (9) siswa putra yang tuntas dan 55 (11) siswa putri yang tuntas. Kemudian pada tahap siklus 2 terdapat 78% (14) siswa putra yang tuntas dan 75% (15) siswa putri yang tuntas. Berdasarkan data tersebut maka keberhasilan penelitian terjadi pada siklus 2.
Downloads
References
Femina. 2011. Artikel Bugar. Lompat Tali Olahraga Praktis Pembakar Lemak Tersedia dalam http://www.artikel-bugar.htm. (online) diunduh tanggal 5 Desember 2015.
Tohar. 1992. Olahraga Pilihan Bulutangkis. Semarang: Debdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Tugimin dan Joko Supriyanto. 2010. Aktif Berolahraga 3 untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud.
Usman, Koirul. 2011. Latihan Ketahanan Tubuh. Jakarta: Dwi Warna.