MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DENGAN KARTU BILANGAN SISWA KELAS VI SDN 3 MANGLIAWAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG

 Abstract views: 2390

Authors

  • TRI KUSNIATI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2269

Abstract

Meningkatkan hasil belajar matematika merupakan salah satu tujuan penting yang diharapkan dapat dicapai siswa dalam pembelajaran matematika, namun pada kenyataannya sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan untuk memahami operasi hitung bilangan pecahan yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan melalui kartu bilangan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan seluruh siswa kelas VI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabutane Malang tahun pelajaran 2019/2020 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu: (1) rata-rata nilai hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan siswa meningkat dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75; dan (2) persentase siswa yang tuntas meningkat dan mencapai ≥ 75% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada Siklus I rata-rata nilai tugas adalah 69,19 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 45,16, (2) sedangkan pada Siklus II hasil rata-rata nilai tugas 84,68 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 90,32, dan (3) ada peningkatan nilai rata-rata tugas dari Siklus I ke Siklus II sebesar 15,49 atau 22,39% dan ada peningkatan nilai ulangan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 14,52 atau sebesar 21,80%. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan metode kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan siswa Kelas VI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang tahun pelajaran 2019/2020. Bagi guru yang mengajar mata pelajaran Matematika di SD, perlu untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai materi yang dibahas, sehingga suasana belajar mata peajaran Matematika tidak dalam suasana yang menegangkan tetapi sebaliknya dalam suasana yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

TRI KUSNIATI, SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Dosen

References

Asikin, M., K. Anwar, & Pujiadi. (2009). Cara Cepat & Cerdas Menguasai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Semarang: Manunggal Karso.

McNiff, Lomax & Whitehead. (2003). http://www.infoskripsi.com/Theory/Penelitian-Tindakan-Kelas.html. Diakses 28 Oktober 2019.

Nengtiyas, D. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian dengan Strategi Index Card Match pada Siswa Kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatuga Tahun Pelajaran 2016/2017. Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Pujiati. (2007). Penggunaan Alat Peraga Matematika SD. Jakarta: Depdikbud.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta.: Bina Aksara.

Sobel & Maletsky. (2004). Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Sudjana & Rifa’I. (2007). Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarno. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 22 Kepahiang dalam Menentukan Volume Babngun Ruang melalui Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar PGSD FKIP Universitas Bengkulu, 9 (2) 2016, hal. 267-276.

Wahyuni. (2010). Kartu Bilangan Dapat dijadikan Alat Peraga dalam PMRI. Diakses melalui http://Kartu Bilangan dapat dijadikan Alat Peraga Dalam PMRI UR’s BLOG.htm pada tanggal 1 November 2019.

Downloads

Published

29-02-2020

How to Cite

KUSNIATI, T. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DENGAN KARTU BILANGAN SISWA KELAS VI SDN 3 MANGLIAWAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 52–64. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2269