STIMULASI SENI DALAM MERANGSANG LIMA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GEDRIK
Abstract views: 1024DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2597Abstract
Pendidikan anak usia dini yang sering kali disebut masa keemasan atau golden age (usia emas) pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada dasarnya di usia emas inilah stimulasi sesuai kelompok usia diperlukan untuk melakukan pengembangan secara menyeluruh dari berbagai macam aspek, termasuk salah satunya adalah aspek seni. Salah satu kegiatan yang dapat merangsang perkembangan anak usia dini adalah kegiatan bermain. Tujuan bermain pada anak maupun orang dewasa bukan hanya untuk kesenangan individu belaka. Melalui sebuah permainan seorang anak dapat belajar banyak hal, karena dengan bermain anak-anak merasa senang dan mampu berkonsentrasi lebih lama sehingga kemampuan mengingat mereka menjadi lebih baik (Delima et al., 2015). Alat permainan edukatif yang akan dipilih adalah permainan tradisional Gedrik. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis permainan tradisional Gedrik yang menjadi media stimulasi seni dalam merangsang lima aspek perkembangan anak usia dini.
Kata Kunci: Stimulasi Seni, Permainan Tradisional, Gedrik
Downloads
References
Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1).
Delima, R., Arianti, N. K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi kebutuhan pengguna untuk aplikasi permainan edukasi bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1).
Inagaki, K. (1992). Piagetian and post-piagetian conceptions of development and their implications for Science Education in early childhood. Early Childhood Research Quarterly, 7(1), 115–133.
Nourovita, A. R. (2013). Efektivitas Permainan Tradisional Jawa dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial pada Anak Usia 4-5 tahun di Kecamatan Suruh. BELIA: Early Childhood Education Papers, 2(1).
Rolina, N. (2010). Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. Retrived from Https://Www. Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Tmp/Artikel-Unk-P4tksb. Pdf.
Rosmiati, A. (2014). Teknik stimulasi dalam pendidikan karakter anak usia dini melalui lirik lagu dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 15(1), 71–82.
Syamsuardi, S., & Hajerah, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 1–7.
Vygotsky, L. S. (1967). Play and its role in the mental development of the child. Soviet Psychology, 5(3), 6–18.