PENGENALAN KONSEP BERAT-RINGAN BENDA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SLB NEGERI CERME GRESIK
Abstract views: 269DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2600Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan mengenal konsep berat-ringan benda siswa tunarungu dengan menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang melibatkan siswa kelas I B semester 1 SLB Negeri Cerme Gresik tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes tulis dan observasi dilakukan pada setiap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 55%. Pada siklus ke II terjadi peningkatan dan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 80,13%. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep berat-ringan benda pada siswa tunarungu kelas I SLB Negeri Cerme Gresik Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: pembelajaran langsung, konsep berat-ringan benda, siswa tunarungu
Downloads
References
Arikunto, S. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Badiah, L. I. (2020). Studi Deskriptif Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39–42.
Fefrian, Y., Mardhika, R., Santika, R. H., & Sumardi, S. (2020). Penjas Adaptif Bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 101–106.
Jauhari, M. N. (n.d.). Pengembangan Simbol Signalong Indonesia Sebagai Media Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus.
Jauhari, M. N., Irvan, M., & Sakre, T. (2017). Communication Of Children With Special Needs Using Signalong Indonesia. International Conference On Education, 1(1).
Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (n.d.). Studi tentang Pelaksanaan Pelatihan Terapi Wicara Anak Tunarungu Usia 3-5 Tahun untuk Orangtua dalam Setting Blended Learning di SLB Karya Mulia Surabaya.
Zusfindhana, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Perkalian 10-20 melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Tunarungu di SLB-B dan Autis TPA Jember. SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 37–43.