Nilai Budi Pekerti Melalui Tembang Dolanan Anak
Abstract views: 688DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2709Keywords:
Tembang Dolanan, makna, nilai pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempertahankan kembali tembang dolanan anak-anak di Desa Srimulyo dan permainannya yang kini telah dilupakan dan banyak yang tidak diketahui oleh anak-anak di desa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tembang dolanan memiliki nilai karakter yang sangat penting dalam menumbuhkan karakter percaya diri, mandiri, bertanggung jawab dan beberapa karakter yang perlu dibentuk pada anak. Pentingnya tembang dolanan yang merupakan warisan budaya di pertahankan hingga kini yaitu nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya yang mengajarkan anak-anak agar memliki nilai budi pekerti, nilai keagamaan, nilai sosial, dan nilai budaya yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah penelitian secara individu, pengumpulan data, dan wawancara dengan narasumber. Dari hasil perolehan data dilapangan ada beberapa tembang dolanan anak-anak yang dari setiap baitnya memiliki makna dan nilai pendidikan yang berbeda-beda serta mengajarkan tentang nilai budi pekerti, nilai religius, nilai budaya dan nilai sosial yang dapat diketahui dari menganalis makna pada tembang dolanan anak-anak.
Downloads
References
Chaib Thoha. 1996. “Pendidikan Islam”. Jakarta : Rajawali Pers.
Haidar Putra Daulay. 2004. “Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia”. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Nurul Zuriah. 2015. “Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan”. Jakarta : Bumi Aksara.
Suyami, dkk. 2015. “Kajian Nilai Budi Pekerti dalam Serat Jayabaya”. Yogyakarta : BPNB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.