Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Metode Bermain Peran Siswa Kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

 Abstract views: 2165

Authors

  • Dafid Oktafikrani SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2710

Keywords:

hasil belajar, metode bermain peran, bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan metode bermain peran bagi siswa Kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang yang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan analisis data dengan model interaktif, dan dalam kegiatan analisis serta kegiatan pengumpulan data menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari hasil belajar Bahasa Indonesia setelah melalui tahapan Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II, setelah dilakukan tindakan pada tahap Pra Siklus = 69,48, tahap Siklus I = 70,60, dan tahap Siklus II = 85,72, (2) penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, hal ini bisa dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa sebagai berikut: pada tahap pra siklus = 32%, tahap siklus I = 36% dan pada tahap Siklus II = 92%, dan (3) metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dafid Oktafikrani, SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis

Dosen

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Berlian. (2012). Peningkatan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Lampasio. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 4 No. 10 ISSN 2354-614X

Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Group.

Nasirah. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) di Kelas V SD Negeri 224 Pallawa. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume 7 Nomor 2, 2 Juni 2017.

Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Andi Offset.

Profil SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Rohmanurmeta, F.M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing pada Sisa Sekolah Dasar. Bahastra, Volume 37, Nomor 1, Edisi Maret 2017: 24-31.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H.B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

25-10-2020

How to Cite

Oktafikrani, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Metode Bermain Peran Siswa Kelas III SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 133–142. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2710