Pengaruh Strategi Pembelajaran Generative Learning Terhadap Kemampuan Mengarang Narasi Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Abstract views: 210DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2714Keywords:
generative learning, kemampuan menulis karangan, t-testAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran generative learning terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa SMA di Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, populasi berjumlah 175 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas. Sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini teknik tes yang berupa sejumlah soal yang harus di jawab oleh siswa guna mengetahui presentasinya dengan memberikan tes menulis karangan narasi. Analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil ttes = 5,39 dan ttab = 2,00 dan 2,66 berarti thit > ttabel, maka disimpulkan “ada pengaruh strategi pembelajaran generative learning terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Kemampuan mengarang narasi siswa kelas eksperimen yang pembelajarannya diajar menggunakan strategi pembelajaran generative learning memperoleh nilai rata-rata 73,83 sedangkan kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata 59,42 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Rata-rata kemampuan mengarang narasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Downloads
References
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo.
Hajaroh, Siti, and Raudatul Adawiyah. 2018. “Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik.” El Midad 10(2):131–52.
Hartinah, Hartinah, and Suparman Ibrahim Abdullah. 2019. “Pengaruh Minat Baca Dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah Terhadap Keterampilan Menulis Narasi.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 1(02):127–35.
Mantasiah, R., Jufri Juffri, and Yusri Yusri. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman.” Indonesian Journal of Educational Studies 20(2).
Mawaddah, Siti, and Hana Anisah. 2015. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2).
Ningrum, Tri Apriyadi. 2010. “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEKNIK MENGARANG TERPIMPIN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS XB SMA SANTA MARIA REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010.”
Rachmadtullah, Reza, Via Yustitia, Bramianto Setiawan, Arif Mahya Fanny, Pana Pramulia, Wahyu Susiloningsih, Cholifah Tur Rosidah, Danang Prastyo, and Trio Ardhian. 2020. “The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature.” International Journal of Scientific & Technology Research 9(4):1879–82.
Rosdianto, Haris. 2017. “Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) 3(2):66–69.
Saputra, Hendra. 2020. “KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN 3 MARGODADI JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN.” Pp. 181–200 in Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung.
Utami, Inggrid Y. Y. W. 2018. “KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.