Penggunaan Metode CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa
Abstract views: 5674DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2715Keywords:
membaca pemahaman, metode CRIC, metode kualitatifAbstract
Pada kenyataannya kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah karena siswa merasa cepat bosan dalam proses belajar. Makalah ini memaparkan hasil penggunaan metode CIRC pada kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diperoleh melalui studi literatur. Menurut beberapa literatur dan penelitian yang dilakukan mengenai penggunaan metode CIRC, terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penggunaan metode CIRC dapat dikatakan sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Downloads
References
Abdurahman, F. Z. (n.d.). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman isi cerita anak melalui penggunaan metode circ pada siswa kelas v sd negeri serangan. 273–277.
Anggia, V., Ariawan, N., Utami, N. T., Pendidikan, J., Sekolah, G., Dasar, J. P., & Indonesia, U. P. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model circ berbantuan media cetak. 1(2), 95–104.
Donal, A., & Niati, B. (n.d.). The Effect of Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) on Students ’ Reading Comprehension of Essay at English Study Program of University of Pasir Pengaraian. 978–979.
Dwiarno, P. A. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas III SDN Sumberbening 4 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Melalui Teknik CIRC. 42–53.
Febriyanto, B. (2016). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. 2(2).
Gusviani, W. S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman... – Winda Sri Gusviani. 2(1), 10–22.
Kamdideh, Z. (2019). The Effects of’ Reciprocal Teaching of Reading ’ and ’ Cooperative Integrated Reading and Composition ’ on the Reading Comprehension of Iranian EFL Intermediate Students. 9(9), 1111–1117.
Liani Niliawati, Ruswandi Hermawan, & A. R. R. (2018). Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, III (I), 23–24.
Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEMAHAMAN.
Penelitian, J., Pendidikan, A., Ningrum, Y., Kristin, F., Guru, P., Dasar, S., Pemahaman, K. M. (2019). E d u k a s i. 11(1), 43–54.
Rahma, D., & Ginting, B. (2017). The Implementation of Cooperative Integrated Reading and Composition Strategy to Improve the Students’ Ability in Reading Comprehension. 104(Aisteel), 113–117.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Jurnal basicedu. 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Safitri, D. A., & Ngaisah, S. (2018). PENGARUH METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI CERITA. 10(1), 75–84.
Singaraja, S. M. P. N., Dewi, L. C. R., Putrayasa, I. B., & Darmayanti, I. A. (2017). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII . 4. (2).
Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEMBACA PEMAHAMAN. 2(1), 71–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.