Penerapan Membaca Kreatif Dalam Keterampilan Bercerita Peserta Didik

 Abstract views: 1318

Authors

  • Aprilia Dwi Andini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Triman Juniarso Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2750

Keywords:

Membaca Kreatif, Keterampilan Mendongeng, Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses Penerapan Membaca Kreatif dalam Keterampilan Cerita, (2) mendeskripsikan hasil penerapan berupa tes hasil keterampilan bercerita dan tanggapan siswa terhadap penerapan keterampilan membaca kreatif dalam keterampilan cerita Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas III SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Metode deskriptif kuantitatif dengan memadukan metode kualitatif dan kuantitatif. Sampel data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-C yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes dan angket respon siswa. Kemudian teknik analisis data pertama menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk menjelaskan penerapan membaca kreatif dalam keterampilan mendongeng. Teknik kedua menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif untuk menampilkan data hasil keterampilan bercerita dan tanggapan siswa. Hasil yang diperoleh (1) proses penerapan keterampilan membaca kreatif dalam mendongeng dapat diketahui aktivitas pendidik dan siswa telah dilakukan dengan sangat baik. (2) Hasil tes keterampilan cerita penerapan diperoleh ketuntasan klasikal dengan kategori “Baik”. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh hasil dengan kategori “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aprilia Dwi Andini, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Aqib. 2017. Model Media Strategi Pembelajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Bachir. Bachtiar S. 2005. Pengembangan Bercerita di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dalman. 2014. Keterampilan membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2009. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar Menengah. Jakarta:BSNP.

Hartati. 2003. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Bandung:Upipress.

Kemendikbud. 2018. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas III Tema 4 (Buku Guru). Jakarta: kemendikbud.

Machsunah, S. 2014. Keterampilan Bercerita. Malang: Genius Media.

Rachmadtullah, Reza, Via Yustitia, Bramianto Setiawan, Arif Mahya Fanny, Pana Pramulia, Wahyu Susiloningsih, Cholifah Tur Rosidah, Danang Prastyo, and Trio Ardhian. 2020. “The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature.” International Journal of Scientific & Technology Research 9(4):1879–82.

Sari, Yunita, Ratri Dyah Luvita, Andarini Permata Cahyaningtyas, Vina Iasha, and Bramianto Setiawan. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):1125–33.

Setiawan, Bramianto, Reza Rachmadtullah, and Vina Iasha. 2020. “Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-Service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content.” Jurnal Basicedu 4(4):1074–83.

Published

09-11-2020

How to Cite

Andini, A. D. ., Juniarso, T., & Sulistyawati, I. (2020). Penerapan Membaca Kreatif Dalam Keterampilan Bercerita Peserta Didik. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30s), 1–6. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2750