Identifikasi Karakter Kerjasama Pada Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL)
Abstract views: 1143DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2751Keywords:
Pendidikan karakter, Model Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan karakter kerjasama yang tampak pada proses pembelajaran siswa kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. (2) mendeskripsikan aktivitas siswa yang menunjukkan karakter kooperatif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Model penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data. Data hasil observasi karakter kerjasama dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Penelitian dilakukan di kelas IV A dengan jumlah 34 siswa. Hasil penelitian tentang karakter kerjasama siswa dalam observasi aktivitas siswa menunjukkan hasil yang sangat baik. Dalam mengamati aktivitas siswa yang dilakukan peneliti, pada indikator 1 mendapatkan persentase 94%, pada indikator 2 mendapatkan persentase 93%, pada indikator 3 mendapatkan persentase 89%, pada indikator 4 dan 5 mendapatkan persentase yang sama yaitu 91%. , pada indikator 6 dan 7 mendapatkan persentase yang sama yaitu 92% dan indikator 8 mendapatkan presentase 93%. Dari hasil persentase diperoleh rata-rata karakter kerjasama siswa dalam proses pembelajaran membudaya.
Downloads
References
Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar. Vol. 14, No. 1. (Online), (https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/789/pdf) diakses 15 Agustus 2019.
Apriono, Djoko. 2011. Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Vol. 9, No. 2. (Online),(http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=105209) diakses 15 Agustus 2019.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamid, Abu. 2011. Pembelajaran Fisika Di Sekolah. Yogyakarta: UNY.
Kemendiknas 2010 Rencana Aksi Pendidikan Nasional Pendidikan Karakter. Jakarta.
Putra, Purniadi. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA Di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Vol. 3, No. 1. (Online) (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip) diakses 15 Agustus 2019.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Perss.
Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema Panduan Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.