Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar

 Abstract views: 750

Authors

  • Nur Roudhotul Khasanah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Atnuri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2756

Keywords:

crossword puzzle method, hasil belajar, sekolah dasar

Abstract

Pemilihan metode yang tepat selama proses pembelajaran sangat dibutuhkan oleh pendidik. Metode pembelajaran yang tepat bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang tidak terlupakan, menyenangkan dan aktif sehingga siswa dapat berprestasi secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh metode crossword puzzle 4C dalam proses review Tema 4 (Sehat Itu Penting) Subtema 2 (Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah) Pembelajaran 1 terhadap hasil belajar siswa kelas V dan bagaimana pembelajarannya. implementasi (kegiatan pendidik dan siswa) dengan metode crossword puzzle berbasis 4C. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode teka-teki silang dan pengaruh metode teka-teki silang terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji hipotesis. Metode teka-teki silang berbasis 4C mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t didapatkan hasil thitung = 26,16, kemudian dicari df = (N-1), (29-1) = 28, dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh t tabel 2,048 yang berarti thitung > ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas pendidik dalam kategori "sangat baik".

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Roudhotul Khasanah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Fanani, Achmad dkk. 2019. Analisis Pembelajaran Berbasis Pem-belajaran Abad 21. Surabaya: Adi Buana University Press

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Corona Virus Disease 2019: The Perspective Opinion From Pre-Service Elementary Education Teacher. Education, Sustainability & Society, 3(2), 33–36. https://doi.org/10.26480/ess.02.2020.33.36

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.

Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: BumiAksara

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Noge, M Desidaria. 2019. “Pengaruh Metode Crossword Puzzle Berbasis Media Realia Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Jebrebuu”. Vol 3, No 1.

Mardhatilah, HenraSaputra. 2018.“Pengaruh PenerapanMetode Crossword Puzzle Terhadap Keterampilan Sosial Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Suak Pandan”. Vol 5, No 2.

Published

09-11-2020

How to Cite

Khasanah, N. R., Atnuri, & Fanani , A. (2020). Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30s), 41–48. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2756