Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar
Abstract views: 750DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2756Keywords:
crossword puzzle method, hasil belajar, sekolah dasarAbstract
Pemilihan metode yang tepat selama proses pembelajaran sangat dibutuhkan oleh pendidik. Metode pembelajaran yang tepat bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang tidak terlupakan, menyenangkan dan aktif sehingga siswa dapat berprestasi secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh metode crossword puzzle 4C dalam proses review Tema 4 (Sehat Itu Penting) Subtema 2 (Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah) Pembelajaran 1 terhadap hasil belajar siswa kelas V dan bagaimana pembelajarannya. implementasi (kegiatan pendidik dan siswa) dengan metode crossword puzzle berbasis 4C. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode teka-teki silang dan pengaruh metode teka-teki silang terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji hipotesis. Metode teka-teki silang berbasis 4C mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t didapatkan hasil thitung = 26,16, kemudian dicari df = (N-1), (29-1) = 28, dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh t tabel 2,048 yang berarti thitung > ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas pendidik dalam kategori "sangat baik".
Downloads
References
Fanani, Achmad dkk. 2019. Analisis Pembelajaran Berbasis Pem-belajaran Abad 21. Surabaya: Adi Buana University Press
Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org
Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Corona Virus Disease 2019: The Perspective Opinion From Pre-Service Elementary Education Teacher. Education, Sustainability & Society, 3(2), 33–36. https://doi.org/10.26480/ess.02.2020.33.36
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.
Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: BumiAksara
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Noge, M Desidaria. 2019. “Pengaruh Metode Crossword Puzzle Berbasis Media Realia Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Jebrebuu”. Vol 3, No 1.
Mardhatilah, HenraSaputra. 2018.“Pengaruh PenerapanMetode Crossword Puzzle Terhadap Keterampilan Sosial Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Suak Pandan”. Vol 5, No 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.