Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19
Abstract views: 2081DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2757Keywords:
kreatifitas, pandemi, covid-19, Sekolah DasarAbstract
Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia telah memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah sehingga tidak dapat lagi melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk bersekolah untuk para pelajar. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa harus dilakukan dengan cara yang inovatif, salah satunya dengan melakukan proses belajar mengajar secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kreativitas belajar guru di SDN Margorejo 1 Kota Surabaya saat terjadi pandemi Covid-19. Sampel yang diteliti sebanyak 10 pendidik dari kelas I, II, III dan ditambah guru agama Islam. Teknik Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara. Kuesioner yang disebarkan dalam bentuk pertanyaan adalah kuesioner semi tertutup. Diperoleh data dari keempat indikator yang penulis rumuskan yang memberikan penilaian kurang dari kelas 1,2 dan 3 yang penulis analisisnya 55%, penilaian cukup 37%, penilaian baik 8% dan sangat baik. 0%.
Downloads
References
Binti Maunah. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Conny Semiawan, dkk. (1987). Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia
Haris Mudjiman,(2007). Belajar Mandiri,Surakarta,LPP dan UNS Press.
Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo
Munandar, S.c. Utami, (1999), Kreativitas dan Keterbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Slameto.(2010),Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.