Upaya Menjaga Kebersihan Sekolah Pada Saat Covid 19 Dengan Memberdayakan Tenaga Guru Di SDN Pekayon 03 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur

 Abstract views: 1200

Authors

  • Sri Mujiati SDN PEKAYON 03, Jakarta Timur, DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2759

Keywords:

Sekolah Dasar, Covid-19, Lingkungan Sekolah

Abstract

Upaya menjaga kebersihan sekolah saat covid-19 di SDN Pekayon 03 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur.  Keberadaan taman sekolah merupakan hal terpenting yang ada di sekolah agar terlaksananya pendidikan yang mengutamakan kesehatan atau kebiasaan hidup sehat di sekolah yang diterapkan di lingkungan sekitar terutama pada saat situasi covid 19. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik Pelaksanaan Kebersihan oleh guru-guru piket di Sekolah Dasar Negeri Pekayon 03  Kec. Pasar Rebo tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode survey langsung. Analisis data yang terkumpul menggunakan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Guru di SDN Pekayon 03 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur berjumlah 22 Orang Guru. Hasil penelitian tentang upaya menjaga kebersihan sekolah pada saat covid 19 dengan memberdayakan tenaga guru di SDN Pekayon 03 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Mujiati, SDN PEKAYON 03, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Dosen

References

Al-anwari, A. M. (n.d.). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. XIX(02)

Aryanti, W. S. (2020). MENJAGA KEBERSIHAN SEKOLAH DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI MURID MI/SD DI INDONESIA. JURNAL ILMIAH EDUKATIF, 6(1), 76-85.

Creswell, John W. 2004. Research Design (Pendekatan Kualitatif, uantitatif dan mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, John W. 2009. Research Design (Pendekatan Kualitatif, uantitatif dan mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liyun, N., Khasanah, W. N., & Tsuraya, N. A. (2017). MENANAMKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK MELALUI PROGRAM “ GREEN AND CLEAN ” Universitas Negeri Semarang. 201.

Makhsyari, M. A., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1).

Rahmawati, I., & Suwanda, I. (2015). Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian moral dan kewarganegaraan, 1(3), 71-88.

Reindrawati, D. Y. (2020). Pembiasaan Menjaga Kebersihan Sejak Usia Dini (Pengabdian Pada Murid TK Bintang Kecil Surabaya). Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Sari, P. N., &Nofriya. (2018). Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Menuju Sekolah Adiwiyata pada SDN 05 Kampung Pisang Kecamatan IV Koto. Warta Pengabdian Andalas, 25(2).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Published

26-10-2020

How to Cite

Mujiati, S. (2020). Upaya Menjaga Kebersihan Sekolah Pada Saat Covid 19 Dengan Memberdayakan Tenaga Guru Di SDN Pekayon 03 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 194–202. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2759