Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur

 Abstract views: 2073

Authors

  • Tiara Rachamatika Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Universitas Negeri Jakarta
  • Jatu Wahyu Wicaksono Universitas Negeri Jakarta
  • Alrahmat Arif Universitas Negeri Jakarta
  • Vina Iasha SD Neger Pondok Bambu 06 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162

Keywords:

model pembelajaran, kemandirian belajar, berfikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berfikir kritis IPA siswa kelas V sekolah dasar di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimental design) yang merupakan pengembangan dari metode eksperimen murni analisis varians (ANAVA) dengan desain treatment by level 2x2. Adapun teknik dalam pengumpulan data adalah dengan angket, tes, dan dokument. . Teknik pengambilan sampel menggunakan  purposive sampling. Terjadi interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil kemampuan berpikir  kritis mata pelajaran IPA. Hasil pengujian anava diperoleh nilai Fhitung = 5,63 dan nilai kritik  Ftabel= 3,98 dengan dk (1,68) pada taraf á = 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa Fh = > Ft = sehingga terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi hasil keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tiara Rachamatika, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

M. Syarif Sumantri, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Agung Purwanto, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Jatu Wahyu Wicaksono, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Alrahmat Arif, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Vina Iasha, SD Neger Pondok Bambu 06 Jakarta

Guru

References

Anugraheni, I. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menumbuhkan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 261–267.

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243.

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA untuk siswa Indonesia. Janacitta, 1(01).

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif : Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

MA’RIFAH, L. N. U. R., & SUHAIMI, I. (2020). THE EFFECTIVENESS OF FLASHCARDS IN TEACHING VOCABULARY FOR SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP WAHIDIYAH KEDIRI. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29 SE-), 81–91. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2272

MASLAKHATIN, M. (2017). CRITICAL READING STRATEGIES TO FOSTER STUDENTSâ€TM CRITICAL THINKING. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 12(22 SE-), 99–110. https://doi.org/10.36456/bp.vol12.no22.a621

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211.

NRC. (1996). The National Science Education Standards National Science Education Standards. Washington DC: National Academy Press.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org

Santi, N., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2018). Kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Biologi melalui penyelesaian masalah lingkungan. Bioedukasi, 11(1), 35–39.

Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Banyudono.

Setiawan, B., Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Education, 1(1), 94–104.

Sugiyoo. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D . Jakarta: Alfabeta.

Suyono, S. (2012). PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA SMPN 2 GEDANGAN SIDOARJO YANG MEMILIKI TINGKAT GAYA BELAJAR YANG BERBEDA. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(14 SE-). https://doi.org/10.36456/bp.vol8.no14.a1208

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijayanti, D. I. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA di 3 SD Gugus X Kecamatan Buleleng. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD , 3(1).

Published

08-02-2021

How to Cite

Rachamatika, T., M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162