Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar

 Abstract views: 1749

Authors

  • Ajat Sudrajat Universitas Terbuka
  • Meiliana Lovienica SD Negeri Abadijaya 1 Depok
  • Vina Iasha SD Negeri Pondok Bambu 06 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3217

Keywords:

Model Resource based Learning, Hasil Belajar IPS, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Resource Based Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV SD di Kelurahan Abadijaya, Depok dengan pokok bahasan perkembangan teknologi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Abadijaya 1 pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan desain peneltian Posttest Only Control Goup Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif berbentuk pilihan ganda dan dianalisis dengan uji normalitas Lilliefors dan homogenitas dengan uji Fisher baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Implikasi dari penelitian ini bahwa model Resource Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa model Resource Based Learning  merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPS di kelas. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan model Resource Based Learning sebagai variasi model pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi hasil belajar siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, A., & Widiati, U. (2017). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Campbell, Lisa, et al. 2002. Resource Based Learning. (http://www.coe.uga.edu/epltt/images/RBL.HTM) Diunduh tanggal 18 Januari 2014, pukul 07.00.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Doiron, Ray and Judy Davies. 1998. Partners in Learning: Students, Teachers, and The School Library. United State of America: Teacher Ideas Press.

Fajar, Arnie. 2009. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: Rosdakarya.

Legi, A. S. J. (2020). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Forum Pendidikan, 15(2).

Prastyo, D. (2018). PENGARUH MODEL PELAJARAN TGT DAN TAI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA PADA POKOK BAHASAN KONSEP PENDIDIKAN IPS. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(26 SE-), 96–104. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1674

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.

Siregar, Eveline dan Hartini, Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Wijaya, H. (2019). Resource-based learning: a paradigm shift in materials design. 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018), 391–397.

Yetti, E., Yufiarti, Pramitasari, M., Suharti, Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. Elementary Education Online, 20(1), 642–650. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.54

Zaman, A. Q. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Surabaya Selatan: Media pembelajaran kreatif, hasil belajar, IPS. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 11(20 SE-). https://doi.org/10.36456/bp.vol11.no20.a1356

Published

09-02-2021

How to Cite

Sudrajat, A., Meiliana Lovienica, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(1), 70–75. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3217