PENINGKATAN KOSAKATA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN MELALUI AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) (STUDI SINGLE SUBJECT RESEARCH DI YAYASAN AURICA SURABAYA)

 Abstract views: 480

Authors

  • ANA RAFIKAYATI Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no24.a763

Abstract

Akibat keterbatasan kemampuan mendengar, kosakata anak dengan hambatan pendengaran menjadi terbatas. Mereka kesulitan dalam menamai suatu benda (melabel) dikarenakan keterbatasan kosakata yang mereka miliki baik lisan maupun tulisan. Auditory Verbal Therapy (AVT) adalah terapi yang melatih anak dengan hambatan pendengaran untuk dapat mengoptimalkan fungsi pendengaran yang telah disediakan melalui ABD maupun cochlear implant sebagai modal dalam menerima informasi dari lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peningkatan kosakata anak dengan hambatan pendengaran melalui Auditory Verbal Therapy (AVT) di Yayasan Aurica Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian subjek tunggal (Single Subject Research (SSR)). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan  A-B-A dengan A adalah baseline dan B adalah intervensi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah subjek tunggal yakni ST (salah satu anak dengan hambatan  pendengaran sangat berat yang telah menggunakan cochlear implant). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes praktik (performance test). Selanjutnya data dianalisis menggunakan inspeksi visual yang terdiri atas (1) analisis dalam kondisi,  dan (2) analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada fase baseline (A1) penguasaan kosakata anak adalah sebesar 29%.  Setelah diadakan tindakan pada fase intervensi (B) kemampuan siswa meningkat menjadi 53,9 %. Selanjutnya diadakan tes pada fase baseline (A2) sebagai tolak ukur, dan ternyata kemampuan mengoperasikan aplikasi Coreldraw subjek menjadi menjadi 72 %. Jadi peningkatan penguasaan kosakata dari fase baseline 1 ke intervensi sebesar 43 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa AVT dapat meningkatkan kosakata anak dengan hambatan pendengaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan with Rineka Cipta.

Bunawan, Lani & Yuwati, CS. 2000. Penguasaan Bahasa Anak dengan Hambatan Pendengaran. Jakarta: Yayasan Santi Rama.

Cochlear Limited. 2005. Listen Learn and Talk. Australia: SOS Printing Group.

Dornan et al. 2009. Longitudinal Study of Speech Perception, Speech, and Language or Children with Hearing Loss in an Auditory Verbal Therapy Program (online), Vol 109 (2-3). (http://ebookbrowse.com diakses 20 August 2016).

Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara. Estabrooks, Warren. Without Year. QESWHIC Education And Culture Socrates. Auditory Verbal Practice (online), (http://www.qeswhic.eu diakses 20 August 20116).

Estabrooks. W. 1994. Auditory Verbal Therapy For Parents And Professionals. Washington DC, U.S.A. Alexander Graham Bell Association for the deaf.

Kurnaeni. 2007. Metode Pengajaran Bahasa bagi Anak Dengan hambatan pendengaran (online), (http://dtarsidi.blogspot.com diakses 8 August 2016).

Lim & Simser. 2005. Auditory Verbal Therapy for Children with Hearing Impairment (online), (http://www.annals.edu diakses 14 August 2016).

Robinson, Vicky. Tanpa Tahun. Reach Canada. The Power of Parents (online), (http://www.reach.ca diakses 10 August 2016).

Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Banyudono.

Slemenda, Jack. 2008. Auditory Verbal Therapy (online), (http://www.deafed.net, diakses 21 August 2016)

Sari, Marufi M. 2010. Pendidikan Luar Biasa (online) (http://marufimustikasari.blogspot.com diakses 1 August 2016).

Somad, Permanarian & Hernawati, Tati. 1996. Ortopedagogik Anak dengan hambatan pendengaran. Bandung: Depdikbud.

Sunardi Dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Tarigan, Henry G. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Published

31-10-2017

How to Cite

RAFIKAYATI, A. (2017). PENINGKATAN KOSAKATA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN MELALUI AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) (STUDI SINGLE SUBJECT RESEARCH DI YAYASAN AURICA SURABAYA). Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 13(24), 109–118. https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no24.a763