Author Guidelines

KETENTUAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL BUDAYA NUSANTARA

 

  1. Ketentuan Umum: Artikel yang dikirim adalah hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan. Bahasa yang digunakan berupa bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  2. Format: ukuran kertas A4 (21x29,7 cm), jenis huruf Garamond ukuran huruf 12 poin, margin: Sisi dalam 3 cm, kanan/kiri luar 2 cm, atas 2,5 cm, dan bawah 3 cm. Khusus ab- strak, ukuran huruf 12 pt. Ketentuan jumlah halaman: 10-20 halaman (termasuk abstrak).
  3. Sistematika Penulisan: judul, nama penulis (tanpa gelar), abstrak, asal perguruan tinggi, pendahuluan, metode kajian, hasil analisis, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
  4. Judul ditulis dengan huruf kapital dengan ukuran 14 poin-Bold, kecuali sub judul ditulis dengan ukuran huruf 14 poin, regular. Jumlah kata tidak boleh lebih dari 15 kata.
  5. Nama Penulis ditulis lengkap, tanpa disertai gelar dan ditulis dengan huruf kapital den- gan ukuran 11 poin.
  6. Asal Perguruan ditulis dengan huruf kapital untuk setiap huruf awal kata dan lainnya dengan huruf kecil dengan ukuran 11 poin.
  7. Abstrak berisi tujuan, metode kajian, hasil kajian, kata kunci. Jumlah kata antara 80-150 kata. Jarak antar baris 1 spasi.
  8. Pendahuluan: berisi latar belakang, tujuan, asumsi, manfaat, tinjauan pembahasan yang sudah ada, dan metode kajian.
  9. Dasar Teoritis: teori-teori yang mendasari pembahasan dan kerangkah teorit
  10. Hasil Kajian Dan Pembahasan: berisi temuan-temuan empirik dan pembahasan ter- hadap kebenaran temuan-temuan yang dikaitkan dengan konsep-konsep dan teori-teori terkait.
  11. Penutup: berisi kesimpulan dan saran atau rekomendasi, berikut diskusi. Kesimpulan: bila tulisan merupakan suatu hasil penelitian/tesis/disertasi. Rekomendasi: bila tulisan mengharapkan aksi-aksi tertentu; bila diperlukan, dapat membuat sub-bab. Diskusi: bila permasalahan dianggap perlu untuk membuka wacana, sehingga para pembaca/publik dapat memberikan pendapat/ masukan/ kritikan tentang wacana yang dibaha Pendapat dan kritikan pembaca, serta sanggahan penulis akan diterbitkan pada jurnal terbitan berikutnya.
  12. Daftar Pustaka: menggunakan tata aturan standar atau EYD. Urutannya sebagai beri- kut: nama penulis buku, artikel, jurnal dengan huruf kapital, titik, tahun (misalnya: 2014), Judul buku/artikel/ ditulis mising, kemudian penerbit, tanggal keluar ditulis dengan awalan besar dan huruf regular kecil pada kata berikutnya, contohnya: yunus, r. 2013. Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Penelitian Studi Kasus Budaya Huyula Di Kota Gorontalo).Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 65–77.
  1. Catatan Pustaka: ditulis dengan huruf kapital dengan besar 12 poin, urutan nama akhir penuli tahun terbit, dan halaman (bisa tanpa halaman bila merujuk ke buku sumber dan tidak pada halaman tertentu). Contoh: miroslaW dan aronin (New York: 2014) atau (mi- roslaW dan aronin, New York: 2014).
  2. Hak Penyunting: berhak melakukan pengeditan naskah (terkait layout halaman sebelum cetak) selama tidak mengurangi esensi dan substansi dari materi .
  3. Pengiriman Naskah: bisa langsung diemail ke: budayanusantara@unipasby.ac.id