ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA TERINDIKASI LAMBAN BELAJAR DI SDN 1 BONO KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG
Abstract views: 187DOI:
https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a7810Keywords:
analisis, lambat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan faktor penyebab anak terindikasi lamban belajar di SDN 1 BONO Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber. Hasil analisis penelitian ini menunjukan terdapat dua siswa yang terindikasi lamban belajar yang duduk dibangku kelas III dan IV SD. Kedua siswa tersebut sering tertinggal dalam kegiatan pembelajaran dibandingkan dengan teman-teman seusiannya, siswa selalu mendapatkan nilai dibawah (KKM), lebih pasif saat proses pembelajaran, sering bermain sendiri, memiliki daya ingat rendah, kurang fokus ketika mengikuti pelajaran, kesulitan berhitung, dan mengalami kesulitan menghafal serta pemahaman. Hal ini terjadi karena kongnitif siswa lamban belajar terbatas, sehingga ketika mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, jawaban diisi semampunya dan menjadikan antara soal serta jawaban tidak sesuai. Sehingga membutuhkan waktu yang lama saat belajar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kedua siswa terindikasi lambar belajar di SD Negeri 1 BONO yaitu faktor natal (saat proses kelahiran), faktor lingkungan, dan faktor masalah pribadi yang dimiliki siswa.
Downloads
References
Amdany, P., Sularmi, S., & Sriyanto, M. I. (2018). Learning Motivation of Slow Learner in Elementary School. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 613–618. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506 DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506
Indah Diansari, Mega Isvandiana Purnamasari, & Ferry Aristya. (2020). Analisis Faktor Penyebab Anak Lamban Belajar Di Kelas Iii Sd Negeri 1 Pringkuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Repository Stkippacitan, 1–7.
Nurfadhillah, S., Anjani, A., Devianti, E., Suci Ramadhanty, N., & Amalia Mufidah, R. (2021). Lamban Belajar (Slow Learner) Dan Cepat Belajar (Fast Learner). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 416–426. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Okfianto, E. (2018). Analisis Faktor Penyebab Siswa Terindikasi Lamban Belajar di SDN Percobaan 4 Wates Kulonprogo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(24), 1–12.
Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan pendekatan, kuatitatif, kualitatif, dan R&B (Sugiyono (ed.); 2015th ed.). Alfabeta.
Sangadji, E.M., & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi
Shaw, S.R. 2010. Rescuing Students from the Slow Learner Trap. National Association of Secondary School Principal. Diambil pada tanggal 31 Januari2023dari https://www.nasponline.org/Documents/Resources%20and%20Publications/ Handouts/Families%20and%20Educators/Slow_Learners_Fe
Tangerang, C. K. (n.d.). A l y s. 2(November 2022), 661–670. DOI: https://doi.org/10.58578/alsys.v2i6.624
Triani, N. & Amir. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (Slow Learner). Jakarta: Luxima Metro Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.