Analisis Tingkat Kepuasan Fasilitas Di Alun-Alun Kota Batu Pada Masa Pandemi Covid-19

 Abstract views: 58

Authors

  • Pamela Dinar Rahma Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Andy Kristafi Arifianto Program Studi Teknik Sipil, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Rosiana Taung Program Studi Teknik Sipil, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

DOI:

https://doi.org/10.36456/jpb.v2i2.5301

Keywords:

Tingkat Kepuasan, Pengunjung, Alun-alun

Abstract

Kota Batu adalah salah satu kota wisata di Indonesia yang paling terkena dampak covid 19, yaitu dilihat dari penurunan jumlah wisatawan. Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Batu, Pemkot Batu menutup semua tempat wisata dan hiburan demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Pada masa transisi yaitu new normal, tempat-tempat wisata di Kota Batu mulai dibuka dengan beberapa aturan yang harus diterapkan terkait protokol Kesehatan. Pengunjung yang datang ke taman ini tentu memiliki persepsi dan preferensi masing-masing terkait dengan fasilitas yang telah disediakan pemeritah pada masa pandemi Covid-19, sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai kepuasan pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi fisik fasilitas Alun-alun Kota Batu, mengetahui tingkat kepuasan pengunjung di Alun-alun Kota Batu, dan memberikan solusi dan alternatif untuk meningkatkan kepuasan pengunjung di Alun-alun Kota Batu. Hasil analisis yang didapatkan diketahui kondisi fisik fasilitas alun-alun Batu sangat baik namun perlu penambahan beberapa fasilitas agar nantinya pengunjung merasa puas saat berkunjung. Berdasarkan analisa fasilitas di atas dapat kebanyakan pengunjung mengatakan sangat penting dan sangat puas dengan berbagai fasilitas yang ada hanya saja masih terdapat beberapa pengunjung yang masih mengatakan puas dari berdasarkan kategori kepuasan diantaranya fasilitas bermain anak, fasilitas temat santai, fasilitas jogging track serta daya tarik dan keindahan Alun-alun Batu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi. D. I. K. & Rakhmania. S. D. (2016). Hubungan Partisipasi dan Kepuasan Masyarakat dalam Program Revitalisasi Kawasan Braga Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Kerekayasaan, No 37 Vol 1 2016.

Hadi, R, Lila, K. A., & Gunadi, I. G. A (2012). Evaluasi Indeks Kenyamanan Taman Kota (Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung) Denpasar, Bali. Jurnal Agroekoteknologi Tropika, No 1 Vol 2012.

Haryoto. (1986). Semerbak Bunga di Bandung Raya. Bandung: PT. Granesia Inspirator.co.id

John, C M & Michel, M. (2001). Perilaku Konsumen. Erlangga, Jakarta.

Kertajaya, H. (1996). Siasat Memenangkan Persaingan Global. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip, Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta. Indeks.

Mowen, John C. Michael Minor. (2001). Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Nix, T. (1949). Stedebouw In Indonesia En De Stedebouwkundige Varmgeving. Rotterdam : En De Toors- Heemstede

Nyoman,S.Pendit. (2006). Ilmu Pariwisata (sebuah Pengantar Perdana). Jakarta : PT Pradnya Paramitha

Wibisono, H, (2010), Panduan Laboratorium Andrologi (buku pertama), Refika Aditama, Bandung

Downloads

Published

2022-04-29