ARAHAN PENGEMBALIAN FUNGSI PELAYANAN DAN REVITALISASI PADA SUB - TERMINAL BALUNG BERDASARKAN PERSPEKTIF MASYARAKAT

 Abstract views: 135

Authors

  • Karina Sudaryanti Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Jember
  • Akhmad Hasanuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember;Indonesia
  • Ratih Novi Listyawati

DOI:

https://doi.org/10.36456/jpb.v4i2.8690

Keywords:

sub-balung terminal, service performance, return of service function

Abstract

Pantai Kampa merupakan pantai yang berlokasi di kepulauan Tomia di Desa Dete kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi dengan panjang ± 929 m dengan luas 7,16 Ha. Kampa merupakan kawasan yang masuk pada zona perikanan tangkap, yang melarang adanya kegiatan kegiatan penambangan pasir illegal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik aktivitas penambangan pasir ilegal dan pengaruh adanya kegiatan penambangan pasir ilegal pada masyarakat, serta upaya pengendalian penambangan pasir ilegal di Pantai Kampa berdasarkan perspektif masyarakat. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah mixed methods yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis prosentase dan analisis AHP digunakan untuk mengolah data hasil wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner pada Masyarakat sekitar dan pelaku penambangan illegal di Pantai Kampa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik penambangan Pasir ilegal di pantai Kampa proses penggaliannya secara tradisonal dengan memakai alat seadanya mulai dari sekop dan karung beras sebagai wadah. Pengaruh kegiatan penambangan pasir ilegal memiliki cukup pengaruh terhadap keberlangsungan dan kemajuan Desa Dete sebesar 82%, dan upaya pengendalian penambangan pasir ilegal di Pantai Kampa dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, dan mengembangkan dan melindungi potensi wisata Pantai Kampa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenhub RI, “PERATURAN MENTER! PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 24 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN TERMINAL PENUMPANG ANGKUTAN JALAN,” Front. Neurosci., vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2021.

D. V. Fudla et al., “Evaluasi kinerja terminal leuwipanjang kota bandung,” vol. 2, no. 1, pp. 65–78, 2021.

S. Suilawati, “EVALUASI KINERJA TERMINAL BIAK DI KOTA LUWUK,” vol. 01, no. 31, pp. 42–57, 2022.

D. I. K. Padang, “PENENTUAN LOKASI TERMINAL ANGKUTAN BARANG,” pp. 23–24, 2020.

AHMAD ZAKANADHIROH HARYSNATA, “EVALUASI PELAYANAN DAN FASILITAS TERMINAL TIPE C DI KABUPATEN JEMBER,” J. Inov. Dan Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. HKN, 2022, doi: 10.26714/jipmi.v1ihkn.103.

Bupati Kabupaten Jember, “Perda Kabupaten Jember No. 1 Tahun 2015 tentang RTRW Kabupaten Jember Tahun 2015-2035,” Perda, pp. 1–138, 2015.

T. Yoso Astanto, B. Sugiarto Waloejo, and D. Meru Utomo, “Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Terminal Kertonegoro Kabupaten Ngawi,” Plan. Urban Reg. Environ. J., vol. 8, no. 1, 2019, [Online]. Available: https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/369

M. Yola and D. Budianto, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA),” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 12, no. 1, p. 301, 2016, doi: 10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013.

E. Nurhayati, “Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dalam proses pengembangan desain produk Whiteboard Eraser V2,” Prod. J. Desain Prod. (Pengetahuan dan Peranc. Produk), vol. 5, no. 2, pp. 75–82, 2022, doi: 10.24821/productum.v5i2.7118.

P. Menteri, “Kepmen Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995.” 1995.

Downloads

Published

2024-04-30