Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Quantum Learning Dengan Gaya Belajar Yang Berbeda Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri 2 Kamal

 Abstract views: 56

Authors

  • Zainal Arifin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

cooperative learning, jigsaw, quantum learning, learning style, learning result

Abstract

Inovasi guru sangat diperlukan dalam kegiata belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dapat memberikan dampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dan Quantim Learning dengan gaya belajar yang berbeda terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kamal. Peneliti menggunakan model penelitian kuantitatif dengan sampel siswa kelas VIII A dan VIII B sebanyak 50 siswa dari jumlah keseluruhan populasi siswa kelas VIII sebanyak 107. Data yang dikumpulkan untuk keperluan penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes. Peneliti mengumpulkan data tentang penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan quantum learning dengn gaya belajar yang berbeda serta menjelaskan pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan SPSS 21 for Windows dengan teknik Anava Dua Jalur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-06