Pengaruh Metode Circuit Training Berbantuan Alat Peraga, Tanpa Berbantuan Alat Peraga, Dan Motivasi Terhadap Hasil Tes Kesegaran Jamani Siswa Kompi A Dan Kompi B Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL Tahun Anggaran 2017/2018 Di PUSLATDIKSARMIL KODIKLATAL
Abstract views: 20Keywords:
Metode Circuit Training, Alat Peraga, Motivasi Belajar, Hasil TesAbstract
Penelitian ini Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Laut adalah salah satu program pendidikan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tamtama Dasar Militer selama 5 (lima) bulan. Penyelenggaraan program pendidikan di Puslatdiksarmil dilaksanakan berdasarkan kurikulum pendidikan yang dikeluarkan oleh Mabes TNI Angkatan Laut. Dimana dalam kurikulum tersebut tercantum Bidang Studi Jasmani Militer. Dalam Bidang Studi Jasmani Militer terdapat salah satu materi ujian yang wajib diikuti oleh siswa yaitu tes kesegaran jasmani. Berdasarkan hasil perhitungan dengan anova untuk hipotesis pertama adalah pada kelompok Fhit = 22,566 pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel = 3,99. Jadi Fhit> Ftabel atau dapat juga dilihat dari nilai signifikansinya yaitu nilai signifikan pada kolom sig.menunjukan angka 0,000, hal ini < 0,05; berarti terbukti bahwa hasil tes kesegaran jasmani metode Circuit Training berbantuan alat peraga dan metode Circuit Training tanpa berbantuan alat peraga berbeda secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%. Sedangkan hipotesis kedua dari hasil perhitungan dengan anova adalah baris kelompok Fhit = 5,182 pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel = 3,99. Sehingga dapat ditarik simpulan bahwa ada perbedaan antara Metode Circuit TrainingBerbantuan Alat Peraga dengan Metode Circuit Training Tanpa Berbantuan Alat Peraga terhadap hasil tes, ada perbedaan antara motivasi belajar terhadap hasil tes, dan tidak ada interaksi antara Metode Circuit Training Berbantuan Alat Peraga dan Metode Circuit Training Tanpa Berbantuan Alat Peraga dengan motivasi belajar terhadap hasil tes kesegaran jasmani.