Workshop Penyusunan dan Penilaian Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Guru Matematika

 Abstract views: 186

Authors

  • Suyanto STKIP Kusuma Negara
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Nurina Kurniasari Rahmawati STKIP Kusuma Negara
  • Fiki Alghadari STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3158

Keywords:

penilaian soal, HOTS, guru Matematika

Abstract

Kegiatan workshop ini adalah bagian dari pengabdian masyarakat yang  dilatarbelakangi oleh berkembangnya soal berbasis HOTS, Salah satu perkembangan dari sistem penilaian pendidikan di Indonesia saat ini adalah diterapkannya penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Kurikulum untuk matematika sekolah menengah telah berubah pada pengembangan berpikir HOTS. Selain itu juga untuk meningkatkan wawasan, inovatif dan ketrampilan guru-guru MTS Penerapan  penilaian soal berbasis HOTS bertujuan agar proses pembelajaran khususnya matematika dapat mendorong siswa mengembangkan kemampuan berfikir kreatif. Metode pelaksanaan program adalah melakukan pengenalan HOTS, penyusnan HOTS dan penilaian soal HOTS. Kegiatan ini dilakukan kepada guru-guru MTs Se-Kota Bekasi. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diperoleh hasil bahwa: (1) Bertambahnya wawasan guru-guru Se-Kota Bekasi tentang pembelajaran Matematika inovatif yang berbasis HOTS, (2) Meningkatnya pemahaman guru-guru MTS Se-Kota Bekasi dalam memecahkan masalah Matematika yang menuntut berpikir tingkat tinggi  yang berbasis HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-25

Issue

Section

Articles PkM