Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru UPT SMPN 10 Gresik
Abstract views: 198DOI:
https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3237Keywords:
Penulisan, PTK, Guru SMPAbstract
Penulisan karya tulis ilmiah menjadi persoalan tersendiri dalam dunia pendidikan baik di jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, maupun pendidikan tinggi. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu bentuk karya ilmiah yang harus ditulis oleh guru. Masalah yang muncul dalam penulisan PTK diantaranya yaitu merefleksikan lemahnya berpikir logis dan belum mampu berpikir kitis. Karakteristik masalah intelektual tersebut diantaranya tulisan ilmiah yang tidak merefleksikan proses kajian kritis terhadap teori atau fenomena yang muncul dalam dinamika masyarakat, teknis dan cara penulisan ilmiah dalam per bab menggambarkan modus display theory tanpa dilandasi struktur berpikir logis (logical frame work) yang jelas. Fenomena seperti ini memang banyak ditemukan dalam penulisan KTI dalam hal ini PTK dan ujungnya mengarah pada tindak plagiarisme. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengadakan pelatihan secara intensif bagi guru UPT SMP N 10 Gresik. Pelatihan dan pendampingan secara intensif diharapkan mampu meningkatkan kualitas guru dalam menulis PTK. Keefektifan pelatihan bisa dilihat dari hasil penulisan PTK oleh guru dan hasil angket yang diisi oleh peserta pengabdian kepada masyarakat.