Sosialisasi Blended Learning Sebagai Media Pembelajaran Daring

 Abstract views: 302

Authors

  • Tarida Alvina Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Yanty Maria Rosmauli Marbun Universitas HKBP Nommensen
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Frince Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Marlina Agkris Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yoel Purba Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Srinatalia Silaen Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Leonita Maria Efipanias Manihuruk Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.3637

Keywords:

Blended Learning, Zoom, Google Classroom

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para guru tentang penggunaan Blended Learning dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Dalam hal ini Blended Learning yang dimaksud adalah aplikasi Zoom sebagai media tatap muka virtual dan aplikasi Google Classroom sebagai sarana media pembelajaran tekstual. Kedua aplikasi tersebut dapat bermanfaat secara efektif untuk meningkatkan pembelajaran secara daring. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah mencakup ceramah variatif disertai dengan praktek langsung. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa kecakapan guru-guru dalam menggunakan aplikasi Zoom dan Google Classroom pada kegiatan pembelajarannya. Guru-guru SD Negeri 091316 Pematang Raya sebelumnya belum menggunakan sistem Blended Learning dalam pembelajaran selama masa pandemi ini, tetapi setelah adanya pelatihan pembelajaran daring,  para guru merasa cukup puas dan dipermudah dalam proses pembelajaran online. Antusiasme guru-guru menggunakan aplikasi Zoom dan Google Classroom sangat mendukung proses pembelajaran daring yang efektif dan variatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-27

Issue

Section

Articles PkM