Pemanfaatan Moda Aplikasi PADLET Untuk Keterampilan Membaca Dan Menulis Bagi Guru-Guru SMA/K Se-Kabupaten Sidoarjo
Abstract views: 744DOI:
https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.3996Keywords:
pembelajaran daring, padlet, LMS, Membaca dan MenulisAbstract
Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System) makin berkembang dan maju seiring dengan proses pembelajaran daring pada masa pandemi yang telah berlangsung lebih dari setahun. Diantara sekian banyak LMS, platform padlet menawarkan nilai lebih yakni model pembelajaran yang interaktif, komunikatif, dan inovatif. Hal ini memberikan tawaran menarik yang bisa digunakan oleh para guru dalam menunjang dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui media padlet. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aplikasi Padlet dapat digunakan para guru sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keahlian membaca (reading) dan menulis (writing) mata pelajaran bahasa Inggris di SMA/K di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Melalui metode bimbingan teknis yang terencana dengan baik, para guru SMA/SMK di wilayah kabupaten Sidoarjo sudah terlihat mampu membuat, mendesain serta mengaplikasikan platform padlet sebagai media pembelajaran yang handal. Dengan demikian, pembelajaran bahasa melalui media padlet tersebut pada akhirnya mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para siswa SMA/K terutama keahlian membaca dan menulis dengan baik. Media padlet yang dibuat guru sebagai hasil bimbingan teknis juga memenuhi standar pembelajaran yang baik. Meskipun demikian, penggunaan padlet sebagai LMS ke depannya perlu terus dikembangkan demi memenuhi tuntutan pembelajarn secara daring dan jarak jauh.