Inovasi Global Pembelajaran ABK Selama Masa Pandemi
Abstract views: 332DOI:
https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4259Keywords:
Inovasi global, Pembelajaran ABK, Masa PandemiAbstract
Mitra dalam kegiatan ini yaitu 134 peserta yang terdiri dari guru SLB, Guru sekolah inklusi, orang tua, mahasiswa, dan praktisi. Adapun koordinasi yang dilakukan diantaranya mengenai jadwal pelakasanaan pelatihan, observasi dan pendampingan, tempat pelaksanaan dan alat pendukung yang dibutuhkan selama pelaksanaan PPM. Dengan memperhatikan analisis situasi di atas, maka solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan kepada peserta yang terdiri dari guru SLB, Guru sekolah inklusi, orang tua, mahasiswa, dan praktisi (guru) tentang inovasi pembelajaran ABK di masa pandemi. Dalam pelatihan ini, peserta diberikan informasi tentang zoom meeting, google meet, google classroom, Learning Management System (LMS), dan video pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar secara daring. Dengan demikian harapan kami nantinya guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun perangkat pembelajaran, terutama dalam proses belajar mengajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Selain diberikan informasi tersebut, peserta juga diberikan penguatan bahwa pentingnya peran keluarga dalam kegiatan pembelajaran secara daring. Sebab peserta didik full belajar di rumah dan dibutuhkan pengawasan yang ekstra dari pihak keluarga agar peserta didik dapat belajar secara maksimal.