MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK SDN PALASARI 01 MELALUI PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL

 Abstract views: 189

Authors

  • Alfatma Nisa Suhendi Universitas Djuanda
  • Zaini Rahmawati Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda
  • Fikni Mutiara Rachma Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.36456/kanigara.v3i1.6695

Keywords:

Karakter, Hari Anak Nasional, peserta didik

Abstract

Berbagai perilaku negatif seperti tawuran antar pelajar, perilaku seks bebas, penyalahgunaan narkoba, budaya tak tahu malu, tata nilai dan norma yang semakin merosot menjadi isu besar sekarang ini. Untuk itu melalui pembentukan karakter anak sangat penting saat ini. Peringatan hari anak nasional adalah sebuah perwujudan bagi anak untuk membentuk karakter dan budi pekerti yang baik, terutama di sekolah. Lembaga sekolah adalah lembaga yang bertanggung jawab atas peserta didik dalam perwujudan pengetahuan dan karakter. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menanamkan dan membentuk karakter peserta didik SDN Palasari 01 melalui peringatan hari anak nasional yang diselenggarakan oleh sekolah. Hasil dari kegiatan ini yaitu pembentukan karakter peserta didik dan pengimplementasiannya dalam kegiatan sekolah dan di rumah. Dengan peringatan hari anak nasional, pendidikan karakter yang ditanamkan oleh sekolah kepada peserta didik di SDN Palasari 01 diharapkan dapat meningkatkan nilai kreativitas, semangat kebangsaan, gemar membaca, tanggung jawab dan rasa ingin tahu peserta didik di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adu, L. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68–78.

Agustin, H. P. I. (2022). Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kedunganyar Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Ambat, T. (2013). Fungsi negara memelihara anak-anak terlantar menurut undang-undang dasar 1945. Lex Administratum, 1(2).

Andriono, W. (2018). Motivasi Anak Dalam Mengikuti Kegiatan Kampung Ramah Anak Parkit RW 05 Prenggan Kota Gede.

Arsandi. (2022). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Dan Karakter Bangsa. doi:10.31237/osf.io/5yfcq

Deviana, T. (2019). Nilai Karakter Nasionalisme pada Siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Harefa, A. (2012). Kekerasan terhadap Hak-hak Anak, Peran dan Tanggungjawab Keluarga, Orangtua Serta Kebijakan Pemerintah Menanggulangi Kemaslahatan Anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains, dan Pembelajarannya, 6(1), 666-683.

Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Tersedia Secara Online Di: Http://Lib. Untidar. Ac. Id/Wp-Content/Uploads [Diakses Di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.

Hidayat, R. M. (2017). UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PJBL (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema benda-benda di lingkungan sekitar subtema perubahan wujud benda, di SDN CIGUMELOR RT. RW 01.07 Ds. Sudi. Kec. Ibun Kab. Bandung).

Kamelia, L. (2016). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS.

Karmila, D., & Yaswinda, Y. (2022). Analisis Kebijakan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 (Tentang Peran Keluarga dan Masyarakat Terhadap Pendidikan Anak). Jurnal Family Education, 2(2). doi:10.24036/jfe.v2i2.63

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82–89.

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Nusamedia.

Meria, A. (2018). Ekstrakurikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga pendidikan. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6(2), 193-206.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69–78.

Nita, R. (2022). Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. doi:10.31237/osf.io/hnqt9

Nong, T. F. R. (2013). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan Dasar Berdasarkan International Covenant On Economic Social And Cultural Right. skripsi tidak diterbitkan,(Makassar: jurusan Hukum Internasional Universitas Hasanuddin, 2013).

Prasetyo, I. (2009). Membangun Karakter Wirausaha Melalui Pendidikan Berbasis Nilai Dalam Program Pendidikan Non Formal. Jurnal PNFI, 1(1), 1–12.

Prihatin, Y. (2020). Penanaman Budaya Membaca Dongeng Melalui Rumah Pintar di Desa Marmoyo. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 186–191.

Rahayu, M. S. (2020). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289–304.

Riadi, A. (2018). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 18(2), 265–281.

Salim, C. H. (2016). Mewujudkan Indonesia Layak Anak dalam Perspektif Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) Anak dan Kesejahteraan Sosial Anak. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 12(1), 21–28.

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.

Sugiana, A., & Sofyan, S. (2019). Penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 105–116.

Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216–228.

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16–31.

Zai, S. (2021). Kompetensi pedagogik guru sekolah minggu dalam membentuk karakter anak sekolah minggu dan implikasinya bagi Gereja Sungai Yordan Rajawali. doi:10.31219/osf.io/sk3hf

Downloads

Published

2023-01-10 — Updated on 2023-01-11

Versions

Issue

Section

Articles PkM